Sukses

5 Bangunan Bersejarah di Indonesia Ini Kini Tinggal Cerita

Ketidakpedulian pemerintah dan masyarakat akhirnya membuat bangunan-bangunan ini musnah begitu saja.

Liputan6.com, Jakarta - Ada banyak bangunan atau gedung yang menjadi saksi bisu peradaban manusia. Contohnya, di Indonesia ada Lawang Sewu yang menjadi saksi kekejaman Belanda sampai bagaimana masyarakat Indonesia merebutnya. Hingga saat ini, kita masih bisa melihat kemegahan bangunan dua lantai tersebut karena dirawat secara rutin oleh pemerintah.

Sayangnya tidak semua bangunan bersejarah diperlakukan secara baik seperti Lawang Sewu. Banyak bangunan yang saat ini telah musnah karena minimnya perawatan atau karena alasan tertentu. Seperti beberapa bangunan bersejarah berikut ini yang sekarang tinggal ceritanya saja.

1. Gereja Kubah

Jika kubah identik dengan masjid, mungkin pengecualian pada bangunan ini. Ya, dulu pada tahun 1700-an terdapat Gereja Kubah di Kota Tua Batavia. Gereja ini dibangun oleh Christoffer Moll dan memberinya nama Nieuwe Hollandsche Kerk.

Sayangnya keberadaan bangunan menarik ini tidak berlangsung lama. Tiga tahun pasca pembangunan selesai, Gereja Kubah hancur karena terkena gempa bumi.

2. Taman Wilhelmina

Ketika Daendels menduduki Batavia, ia pernah membangun sebuah taman paling indah dan paling luas di Asia. Taman itu bernama Wilhemina yang berada di dekat kali Ciliwung. Wilhemina sendiri di bangun pada abad ke-19.

Pasca Indonesia merdeka, taman ini malah terbengkalai. Pemerintah tidak lagi mengurusi Taman Wilhemina karena memiliki rencana baru pada tempat tersebut. Sampai akhirnya Taman Wilhelmina digusur dan dibangun sebuah masjid terbesar di Asia Tenggara bernama Istiqlal.

Selengkapnya, baca langsung di sini

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.