Sukses

Pet Care Day untuk Tingkatkan Kesejahteraan Hewan

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pendidikan umum kepada masyarakat mengenai pemahaman pemeliharaan hewan kesayangan

Liputan6.com, Jakarta Himpunan Minat dan Profesi Hewan Kesayangan dan Satwa Akuatik/Eksotik (HKSA) serta Rumah Sakit Hewan Pendidikan FKH IPB beberapa hari lalu bertempat di gedung Bogor Life Science and Technology (BLST), Taman Kencana, Bogor, telah melaksanakan suatu kegiatan Pet Care Day dan Baktivet RSHP IPB 2016 yang berlangsung dari pukul 08.00-16.30 WIB.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pendidikan umum kepada masyarakat mengenai pemahaman pemeliharaan hewan kesayangan yang meliputi anjing, kucing, kelinci dan pemeliharaan serta peraturan terkait hewan eksotik, animal abuse dan penerapan animal welfare untuk meningkatkan kesehatan hewan melalui ajang hiburan, sekaligus menambah pengetahuan mahasiswa FKH IPB mengenai kemampuan praktisi tentang hewan kesayangan dan komunikasi dengan masyarakat.

Acara ini dibuka dengan tilawah dan dilanjutkan dengan sambutan Ketua Pelaksana Pet Care Day (PCD) 2016, Intan Puspita Dewi, Direktur Utama RSHP IPB sekaligus Pembina Himpro HKSA, Prof Drh Deni Noviana, serta Wakil Walikota Bogor, Ir Usmar Hariman.

Pada saat yang bersamaan, pemeriksaan kesehatan hewan untuk perlombaan Cat Show dan Fun Dog Show dilakukan di Poliklinik Hewan, Taman Kencana, Bogor. Dokter hewan pemeriksa adalah dokter hewan dari Rumah Sakit Hewan Pendidikan IPB. Setelah pemeriksaan kesehatan hewan selesai, acara Baktivet RSHP FKH IPB di Poliklinik Hewan Taman Kencana dimulai. Kegiatan Baktivet tersebut meliputi konsultasi, USG, dan vaksinasi rabies gratis.

Pet Care Day untuk Tingkatkan Kesejahteraan Hewan

Penilaian Cat Show dimulai pada pukul 10.00 WIB bertempat di ruang Mahoni BLST Taman Kencana dengan jumlah peserta 21 ekor kucing, yang terdiri dari 9 peserta kategori Pedigree Persian, 3 peserta kategori Pedigree Exotic, 3 peserta kategori Pedigree Other Breed Adult, 1 peserta kategori Pedigree Other Breed Kitten, dan 5 peserta kategori HHP Mix Breed.

Terdapat 1 peserta yang didiskualifikasi oleh juri. Juri pada perlombaan ini adalah Pak Cacang dari Bandung.

Perlombaan Fun Dog Show juga dimulai pukul 10.00 WIB di lapangan BLST Taman Kencana. Jumlah peserta 11 ekor anjing dengan kategori small breed dan large breed. Sedangkan perlombaan terdiri dari 4 kategori. Pemenang adalah anjing yang dapat melewati tantangan tercepat. Juri dari perlombaan ini adalah dari panitia Pet Care Day 2016.

Selanjutnya adalah Sugar Glider Contest yang diikuti oleh 11 peserta dengan kategori peserta adult dan juvenile. Perlombaan dimulai pada pukul 12.30 WIB dengan juri dari panitia.

Terdapat 3 pemenang untuk masing-masing kategori juvenile dan adult. Kategori juvenile juara 1, 2, dan 3 berturut-turut adalah Molly, Unyil, dan Opet. Kategori adult juara 1, 2, dan 3 berturut-turut adalah O’man, Momo, dan Moly. Hdiah untuk para pemenang meliputi trophy, piagam, bingkisan (goody bag dan pouch), serta uang tunai.

Perlombaan photography contest sudah dilakukan di hari sebelum acara berlangsung dan diupload di instagram Pet Care Day. Penilaian terdiri dari 2 jenis, yaitu penilain berdasarkan juri dan berdasarkan likes terbanyak. Jumlah peserta yang mengikuti lomba ini sebanyak 31 peserta dengan 58 buah foto.

Pet Care Day untuk Tingkatkan Kesejahteraan Hewan

Pemenang lomba ini diumumkan pada saat Pet Care Day berlangsung. Juri dari lomba fotografi ini adalah Lucky Taruna (dari Universitas Indonesia), Intan Puspita Dewi (Ketua Pelaksana Pet Care Day 2016), dan Keke Agus (mahasiswa FKH IPB angkatan 50). Hadiah yang didapatkan oleh para juara meliputi sertifikat, customized mug, uang tunai, dan bantal dari sponsor Petpeto (khusus untuk juara 1).

Selain terdapat beberapa perlombaan dan beberapa stand, terdapat juga Talkshow pada acara ini. Talkshow ini terdiri dari 3 sesi, yaitu sesi 1 pada pukul 10.30-11.30 WIB, sesi 2 pada pukul 13.00-14.00 WIB, dan sesi 3 pada pukul 14.30-15.30 WIB. Talkshow sesi 1 dengan tema “Sehat Bersama Hewan Kesayangan” yang dimoderatori oleh Drh Rio Aditya Ang dengan pembicara Drh Soesatyoratih, MSi dan Drh Danny Umbu. Beliau merupakan dokter hewan dari RSHP FKH IPB, sementara moderator merupakan alumni dari FKH IPB dan juga ketua Himpro HKSA periode 2010-2011.

Pembicara talkshow sesi 2, dengan tema “Pelihara Satwa Eksotik dan Aturannya”, adalah Drh Huda S Darusman, MSi, PhD dan Drh Purnomo, serta dimoderatori oleh Drh Leni Maylina, MSi. Drh Huda adalah dosen pengajar FKH IPB sekaligus wakil direktur RSHP IPB, sementara Drh Purnomo ialah alumni FKH IPB sekaligus pemilik Luwak Kampus Petshop. Moderator adalah dokter hewan dari RSHP IPB sekaligus dosen pengajar FKH IPB.

Talkshow sesi 3 dengan tema “Zoonosis Penting pada Hewan Kesayangan” dibawakan oleh Prof Drh Deni Noviana, PhD dan Drh Retno Wulansari, serta dimoderatori oleh Dr Drh Hera Maheswari. Pembicara dan moderator merupakan dosen pengajar Fakultas Kedokteran Hewan IPB.

Pet Care Day untuk Tingkatkan Kesejahteraan Hewan

Jumlah pengunjung yang datang adalah sekitar 1200 orang. Acara ini dihadiri oleh komunitas-komunitas yang mengisi stand, meliputi Parrot Bogor Lovers, ASPERA, Bogor Musang Lovers, KPSGI, Komunitas Otter Indonesia, MPUS Bogor, dan Bogor Pet Lovers. Selain itu, terdapat stand Bailey’s Bites, Bogor Arthropoda, Citibank, Star Pet, Plan Bots, Oxyfresh, Rabbit Fancy Bogor, Equestrian Club IPB, Pejaten Shelter, Grooming Corner, dan, the Café, Horse Riding, dan Education Center serta Photobooth.

Penutupan kegiatan ini dilkukan pada pukul 16.00 WIB. Sebelum penutupan, diumumkan pemenang lomba Fun Dog Show, Sugar Glider Contest, dan Photography Contest. Acara Pet Care Day dan Baktivet RSHP IPB diketuai oleh Intan Puspita Dewi dari FKH angkatan 50. Kerjasama panitia yang baik dan peserta yang kondusif, serta pengunjung yang ramai, membuat acara PCD dan Baktivet 2016 berjalan dengan lancar tanpa kendala yang berarti.

Acara ini juga tidak dapat berjalan lancar tanpa adanya bantuan dari donatur, seluruh pihak yang terlibat dalam acara ini, media partner, dan sponsor. Kegiatan ini disponsori oleh PT BLST, Jungleland. Whiskas, Pedigree, Frieskies, Proplan, Romindo, Petpeto, dan PT Guyovital.

Kegiatan ini telah juga telah bekerja sama dengan beberapa media partner, yaitu Kabarkampus.com, Korpus ipb, Anjingkita.com, Media event, Pecinta kucing 05, Ruang event.com, Vet ways, Veterinary medicine, Viva veteriner, Eventable, Event journal, Liputan6.com, Bintang.com, Info pensi, Kampus update.com, Kampus pedia, Bogor event, Indika fm, Tweetipb, Look event id, Bogor event, Haievent.com, Rajanya event, dan Majalah Cat & Dog.

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini