Sukses

Pencinta Animasi? Jangan Lewatkan Pesta Film Animasi Prancis 2016

Liputan6.com, Jakarta - Institut Prancis di Indonesia (IFI) menggelar Pesta Film Animasi Prancis yang berlangsung pada 1-7 Oktober di Auditorium IFI Jakarta. Selama sepekan akan diputar film-film animasi unggulan yang telah memenangkan berbagai penghargaan baik di dalam negeri Prancis maupun di luar negeri.

Di malam pembukaan 1 Oktober, akan hadir 17 film pendek animasi Prancis terbaik pilihan Festival Film Animasi Annecy lima tahun terakhir ini. Prancis merupakan negara ketiga terbesar di dunia setelah Amerika Serikat dan Jepang, dan teratas di Eropa, dalam jumlah produksi film animasi per tahun.

Tidak hanya Disney dengan studio animasi Dreamworks atau Sony Pictures, dunia film animasi juga diramaikan oleh produksi studio film Prancis seperti antara lain Folimage, Gaumont, dan Xilam Animation. Film-film animasi Prancis, baik pendek maupun feature, secara rutin masuk dalam seleksi festival film internasional dan dinominasikan atau meraih Academy Awards.

Misalnya A Cat in Paris yang disutradarai Jean-Loup Felicioli dan Alain Gagnol. Film dengan naskah yang digarap oleh Alain Gagnol dan Jacques-Remy Girerd ini terpilih dalam nominasi di tiga ajang film bergengsi; Oscar 2012 untuk kategori Best Animated Feature Film, Annecy International Animated Film Festival 2011 untuk kategori Best Feature, Cesar Awards dan European Film Awards 2011 untuk kategori Best Animated Film. 

A Cat in Paris diawali kisah persahabatan antara gadis cilik bernama Zoe yang sulit bicara dan seekor kucing peliharaan bernama Dino. Diam-diam Dino memiliki kehidupan lain di malam hari; menjadi partner Nico, seorang pencuri benda seni yang sangat canggih dalam aksi-aksi pencuriannya.

Suatu hari Victor Costa, seorang bos gangster dikabarkan akan mencuri sebuah patung dari Afrika yang akan segera dipamerkan pertama kali kepada publik. Costa ternyata adalah orang yang bertanggung jawab di balik kematian ayah Zoe, seorang polisi yang gugur saat bertugas.

ifi jakarta 

Aksi Costa dan kelompok gangster-nya menjadi benang merah segala konflik semua tokoh di dalamnya. Hadiri pemutaran A Cat in Paris dalam rangka Pesta Film Animasi Prancis pada 5 Oktober pukul 19.00 di Auditorium IFI Thamrin. 

Festival film animasi terbesar di dunia digelar di Prancis, yaitu Festival Film Animasi Internasional Annecy. Festival yang berlangsung setiap Juni sejak 1960 tersebut didukung oleh Asosiasi Film Animasi Internasional (ASIFA). Tahun 2015, bersama beberapa negara lainnya, Indonesia berkesempatan memutarkan salah satu karya animasinya di program Animation du Monde Festival Annecy.

Film animasi karya Hizkia Subiyantoro berjudul Roda Pantura sebelumnya terpilih dalam program bantuan pengembangan film Animation3 yang diselenggarakan oleh Institut Prancis di Indonesia, Goethe Institut Indonesia dan SAE Institute. 

Nikmati gelaran film animasi Prancis selama sepekan, 1-7 Oktober 2016 di Auditorium IFI Jakarta. Untuk mengetahui film-film apa saja yang diputar dalam Pesta Film Animasi Prancis, pantau media sosial IFI Indonesia di @IFI_Indonesia.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini