Sukses

Wajah Baru 4 Kampung Kumuh Setelah Digusur, seperti Apa?

Bagaimanakah wajah baru dari kawasan yang telah digusur?

Liputan6.com, Jakarta - Gusur, gusur, dan gusur. Itulah kata yang sering kita dengar saat membicarakan Jakarta. Banyaknya orang yang datang ke Jakarta membuat Ibu Kota semakin padat. Setiap tahun Jakarta selalu didatangi oleh imigran untuk mengadu nasib.

Namun tak banyak dari mereka yang berhasil menjadi sukses dan kaya raya. Akhirnya mereka membuat permukiman di tempat-tempat bebas bangunan seperti di bantaran sungai, kolong jembatan, hingga di pinggir rel kereta api. Hal inilah yang membuat Jakarta kebanjiran saat musim hujan datang, dan akhirnya pemerintah yang disalahkan.

Untuk menertibkan dan mengembalikan tempat tersebut ke fungsi asalnya, Pemprov DKI melakukan berbagai cara agar penduduk di sana pindah. Namun penduduk menolak upaya pemerintah, karena dianggap ilegal dan melanggar peraturan. Akhirnya, pemerintah menggusur tempat tersebut secara paksa.

Tahukah kamu bahwa penggusuran tersebut tidak hanya dilakukan di Jakarta, kota kembang Bandung juga pernah menggusur kampung yang serupa agar tidak mengakibatkan masalah di kemudian hari. Bagaimanakah wajah baru dari kawasan yang telah digusur? 

Selengkapnya bisa kamu baca di sini.

(ul)

Pengirim:

Adybeldex

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.