Sukses

4 Fakta tentang Film Pengkhianatan G30S/PKI

Dari sejarah G30S/PKI ini kemudian dibuatlah sebuah film berjudul 'Pengkhianatan G30S/PKI' yang digarap oleh Arifin C Noer.

Liputan6.com, Jakarta Tanggal 30 September merupakan tanggal yang harus kita ingat sebagai suatu proses dalam sejarah Indonesia. Di mana dalam sejarah dituliskan sebagai terjadinya G 30S PKI atau Gerakan 30 September.

Dari sejarah G30S/PKI ini kemudian dibuatlah sebuah film berjudul Pengkhianatan G30S/PKI yang digarap oleh Arifin C Noer. Film tersebut berdurasi selama 3 jam 37 menit dan menghabiskan anggaran sebanyak Rp 800 juta.

Film tersebut kemudian diputar disalah satu stasiun televisi kala itu. Setiap tanggal 30 September film tersebut diputar pada pukul 10.00 WIB. Kala itu film ini sangat populer sampai-sampai dialog, seperti "darah itu merah, jenderal!" menjadi suatu hal yang sering disebut orang-orang. Ternyata terdapat empat fakta yang menarik untuk disampaikan tentang film Pengkhianatan G30S/PKI ini, berikut ulasannya:

1. Sebagai Tontonan yang Wajib

Pada masa Orde Baru saat itu, film Pengkhianatan G30S/PKI ini mulai ditayangkan, menjadi tontonan wajib setiap tanggal 30 September, yang ditayangkan di salah satu stasiun TV, yang merupakan salah satunya TV resmi di Indonesia dan kemudian diikuti TV swasta lainnya.

Selengkapnya baca di sini

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini