Sukses

Foto KTP Tak Boleh Senyum atau Tampak Sedih Jadi Harus Bagaimana?

Negara yang berjuluk Kota Mode itu mewajibkan warganya untuk memasang wajah natural saat menjalani sesi pass foto KTP, pasport, SIM, dan

Liputan6.com, Jakarta Bagaimana ekspresi Anda saat melakukan pass foto untuk keperluan KTP atau identitas resmi? Sedikit senyum, meringis, serius, atau sedih? Semuanya tidak berlaku jika Anda berada di Prancis.

Negara yang berjuluk Kota Mode itu mewajibkan warganya untuk memasang wajah natural saat menjalani sesi pass foto KTP, paspor, SIM, dan lain sebagainya. Namun pose natural rupanya sangat sulit dilakukan. Anda tidak boleh tersenyum sedikit pun juga tidak boleh kelihatan sedih barang setitik pun.

Dilansir BBC, baru-baru ini warga Prancis bernama Thierry mengajukan gugatan ke pengadilan setelah paspornya ditolak lantaran tidak memasang wajah natural. Padahal dalam foto itu, Thierry hanya memasang foto dengan sedikit senyum.

"Aku tidak mengerti apa yang mereka mau. Aku hanya tersenyum yang tidak sampai memperlihatkan gigi-gigiku. Ini benar-benar tidak ada landasan hukumnya," ujar Thierry kesal.

Ironisnya, klaim Thierry di pengadilan dimentahkan begitu saja. Pengadilan menyatakan bahwa foto Thierry tidak dalam keadaan wajah natural yang artinya tidak boleh tersenyum atau juga bersedih.

"Sedih ataupun gembira tidak termasuk ke dalam ekspresi natural," ujar hakim di pengadilan itu.

Keputusan untuk menjalani pass foto dengan ekspresi natural bersifat final dan mengikat sehingga Thierry tak punya pilihan lain. Ia mau tak mau harus mengambil foto terbarunya tanpa terlihat tersenyum ataupun bersedih.

Jadi seperti apa ekspresi natural menurutmu?

(War)

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.