Sukses

Tenar di Medsos, Polwan Rizka Diminta Jadi Buzzer

Polwan ini tampak memesona saat menjadi presenter TMC Polda.

Citizen6, Jakarta Bermain basket menjadi hobinya. Rambut pendek seleher dan berpakaian polisi termasuk ciri khasnya sehari-hari. Seperti halnya polisi lelaki, polisi wanita (polwan) cantik ini tampak memesona. Dialah Bripda Rizka Dyah Febriyanti. Profesi polisi di matanya terbilang keren.

Sejak kecil, ia sudah memupuk cita-cita menjadi polwan. Hal ini didukung saudaranya yang juga sebagai polisi. Keluarga besar juga mendukungnya menjadi polwan. Selain polisi banyak pengalaman, ia juga suka berkumpul dengan masyarakat. Pengalaman pun lebih banyak di lapangan.

Rizka mengakui, selama dirinya menjadi polwan, duka yang ia alami belum dirasakan ada. Bagi kamu yang mengikuti Bripda Rizka, ia juga seorang presenter TMC Polda (Traffic Management Center). Ia tampil membacakan arus lalu lintas di layar televisi. Selain menjadi presenter TMC, ia juga termasuk staf korlantas (Korps Lalu Lintas).

Rizka juga membeberkan penampilan khas polwan yang banyak ditanyakan netizen.

"SOP (Standar  Operasional Prosedur) rambut polwan itu pendek. Kalau model rambut disesuaikan masing-masing. Enggak ada salon khusus, yang penting jangan melebihi kerah baju," jelasnya di hadapan para peserta Friday Talk Hangouts Liputan6.com di Pelataran Ramayana, Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta pada Jumat (23/9) silam.

Rizka yang baru setahun di Jakarta sebenarnya tidak tahu soal presenter TMC. Ia melamar menjadi polwan dan masuk pendidikan polwan selama enam bulan. Lokasi penempatan di Jawa Timur. Ternyata ada tes masuk TMC. Ia pun mengikuti tes tersebut.

Akhirnya, muncul surat perintah untuk berangkat ke Jakarta. Seleksi berupa wawancara. Setelahnya ia belajar bagaimana melatih kemampuan public speaking.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Followers Jadi Sahabat

Rizka aktif di Instagram dengan jumlah pengikut (followers) di atas 70 ribu. Meskipun jumlah pengikutnya bombastis, ia mengakui posting-an yang diunggah belum banyak. Hal yang ia sukai ternyata banyak fpengikut yang mengirimkan pesan singkat. Mereka bertanya bagaimana menjadi polwan.

Bagi Rizka, followers bisa jadi sahabat yang menyenangkan. Interaksi dengan pengikutnya menambah banyak teman. Ia juga senang bila memberikan pesan-pesan atau informasi soal dunia polwan, yang jadi inspirasi pengikutnya. Saking tenarnya, akun Instagram miliknya juga banyak dipalsukan.

Bripda Rizka Dyah Febriyanti punya followers Instagram di atas 70 ribu

"Sejauh ini yang ngelapor baru satu orang. Tiba-tiba si pelapor kirim DM (Direct Message).  Katanya, kok akun Facebook miliknya di-block. Aku bilang saja, kalau keterangan di akun palsu itu salah. Bukan akun aku sebenarnya," tuturnya.

Untuk itu, ia memberikan tips agar tidak mudah tertipu akun palsu. Ia mengatakan, berhati-hati dengan akun palsu. Jangan mudah terpancing berita-berita di media sosial karena pemberitaan itu tidak tahu dari siapa yang membagikannya. Netizen juga harus lebih mawas diri.

3 dari 3 halaman

Minta Endorse

Di sisi lain, Rizka kerap diminta menyokong (endorse) berbagai macam barang, seperti barang kecantikan. Ia memilih sekaligus menyeleksi siapa saja yang ingin disokong. Artinya, tidak semua permintaan endorse ia terima.

Kamu jangan membayangkan, Bripda Rizka memakai seragam polisi saat memberikan sokongan. Tatkala meng-endorse suatu barang, ia tidak boleh memakai seragam polisi. Seragam polisi pun dilepaskannya sejenak.

Friday Talk Hangouts yang digelar tiap hari Jumat dalam jangka waktu sebulan sekali ini memang menampilkan tokoh-tokoh publik ternama yang tengah populer. Dalam sesi Friday Talk Hangouts pada 23 September lalu, para pemenang lomba foto dan video #IndonesiaGobodrex ikut diumumkan.

Para Pemenang lomba foto, yaitu Dian Yusuf (Juara 1), Gardie (Juara 2), Andy Surya Laksana (Juara 3), dan Aditya Nugrogo (Juara Favorit). Untuk pemenang video, yakni Himpunan Putra Putri Manungga (Juara 1), Syarifudin (Juara 2), Zahri Azhari (Juara 3), dan Adam Firdaus Tauhid (Juara Favorit).

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini