Sukses

Menikah Selama 90 Tahun, Pasangan Ini Pecahkan Rekor Dunia

Pasangan dari India ini memegang rekor untuk pernikahan terlama dalam sejarah.

Liputan6.com, Jakarta Pasangan dari India ini memegang rekor untuk pernikahan terlama dalam sejarah. Pasangan hebat itu adalah Karam Chand  dan Kartari. Mereka tiba-tiba menjadi selebritas baru setelah merayakan ulang tahun perkawinan mereka ke-90.

Menurut pihak keluarga, pasangan ideal ini tak pernah terlihat berselisih, cekcok apalagi bertengkar. Mereka berdua tinggal di Girlington, dekat Bradford, West Yorkshire, bersama dengan anak mereka Paul. 

Karam lahir pada tahun 1905 dari sebuah keluarga petani di Punjab. Saat dewasa mereka kemudian berencana menikah dengan Kartari pada tahun 1925. Dalam upacara pernikahan adat suku Sikh mereka berdua menjadi pasangan suami istri.

Inilah Pasangan Terlama dalam Perkawinan, 90 Tahun

Pasangan muda ini kemudian mengadu nasib ke Bradford pada tahun 1965. Karam yang sebelumnya menjadi petani beralih menjadi buruh pabrik wol. 

Sampai saat ini ia telah mempunyai 27 cucu dan puluhan cicit. Apa resep panjang umurnya? Karam mengatakan, boleh makan dan minum apa saja, namun sebaiknya dibatasi. Bahkan sesekali ia masih minum whisky.

Ia juga cukup selektif dalam memilih makanan, karena menikmati hidup tak bisa diulangi. Tentang perkawinannya yang langgeng, menurutnya itu adalah sebuah berkah dan harus siap dipanggil ketika saatnya tiba.

Inilah Pasangan Terlama dalam Perkawinan, 90 Tahun

Kematian Karam membuat keluarganya terpukul. Karena ia telah mengajari bagaimana menjalani kehidupan dengan makanan yang baik dari kerja keras mereka.

Usia perkawinan mereka 90 tahun 291 hari diyakini terlama dalam sejarah, meskipun Guinness World Records belum mencatat secara resmi.

Pernikahan terlama yang tercatat dalam Guinness World Records adalah pasangan Amerika Herbert dan Zelmyra Fisher yang berhasil selama 86 tahun selalu bersama.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini