Sukses

Ilmuwan Temukan Fosil Hiu Raksasa Misterius, Sepupu Megalodon

Hiu tersebut diperkirakan masih berkerabat dekat dengan Megalodon, hiu terbesar di dunia.

Liputan6.com, Jakarta - Sekelompok ilmuwan mengklaim penemuan baru yang mengejutkan. Para ilmuwan tersebut menemukan fosil yang berasal dari spesies ikan hiu yang telah punah di California.

Spesies yang masih dalam penelitian ini diperkirakan merupakan nenek moyang dari hiu putih modern. Penemuan gigi fosil sepanjang 4,5 sentimeter itu dipimpin oleh Profesor Kenshu Shimada, seorang paleobiologis dari DePaul University di Chicago.

Dari fosil-fosil itu, ilmuwan menyimpulkan hiu misterius ini hidup pada awal zaman Miosen sekitar 20 juta tahun yang lalu.

"Ini sangat luar biasa. Selama ini, spesies hiu ini seperti luput ditemukan," kata Shimada, seperti dilansir dari Daily Mail, Jumat (07/10/2016).

Para peneliti kemudian membandingkan fosil itu dengan gigi Megalodon, hiu paling besar yang pernah ditemukan. Megalodon sendiri bisa tumbuh hingga 18 meter dengan gigitan yang lebih kuat daripada T-Rex.

- 

Ditilik dari bentuk gigi, kemungkinan Megalonamda paradoxodon, nama fosil hiu yang ditemukan tersebut, sebenarnya sepupu dekat dengan Megalodon.

"Ini cukup menakjubkan. Kami masih mencari kemungkinan-kemungkinan baru dari hiu misterius ini."

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.