Sukses

Jelajahi Masa Lalu di Museum Ullen Sentalu Yogyakarta

Nama Ullen Sentalu merupakan singkatan dari bahasa Jawa "Ulating Blencong Sejatine Tataraning Lumaku" yang artinya:

Liputan6.com, Jakarta Ullen Sentalu, merupakan Museum Seni dan Budaya Jawa yang berlokasi di Kaliurang, Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta. Nama Ullen Sentalu merupakan singkatan dari bahasa Jawa "Ulating Blencong Sejatine Tataraning Lumaku" yang artinya: "Nyala Lampu  Blencong merupakan Petunjuk Manusia dalam Melangkah dan Meniti Kehidupan".

Museum Ullen Sentalu didirikan oleh salah seorang bangsawan Yogyakarta yang dikenal sangat dekat dengan keluarga Kraton Surakarta dan Yogyakarta. Museum ini memiliki desain bangunan yang ditata dengan baik sehingga mampu membuat pengunjung seperti terserap ke masa Jawa Kuno yang mengagumkan, apalagi suasana hening yang menyatu dengan pegunungan semakin menambah damai suasana.

Ullen Sentalu

Museum yang menampilkan budaya dan kehidupan para bangsawan Dinasti Mataram serta bermacam-macam batik ini menjadi destinasi kedua bagi puluhan wartawan yang mengikuti Fam Trip 2016 yang diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Yogyakarta, sebagai langkah promosi pariwisata dan rangkaian HUT Kota Yogyakarta ke-206.

Ullen Sentalu

Lukisan tokoh raja-raja beserta permaisurinya dengan berbagai macam pakaian yang dikenakan sehari-harinya juga ditampilkan di museum ini. Jika anda ingin mengetahui bagaimana silsilah Raja Yogyakarta serta para leluhur Jawa membuat batik yang memiliki arti dan makna yang mendalam di dalam setiap coraknya, rasanya wajib datang ke museum terbaik di Indonesia ini.

Penulis :

Zulfikar Naghi

 

Jadilah bagian dari Komunitas Campus CJ Liputan6.com dengan berbagi informasi & berita terkini melalui e-mail : campuscj6@gmail.com serta follow official Instagram @campuscj6 untuk update informasi kegiatan-kegiatan offline kami.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini