Sukses

Kisah Brend Talbot, Pengajar Gamelan di Amerika Serikat

Brend Talbot, asisten profesor dan kordinator program pendidikan musik di Gettysburg College berceritakan bagaimana ia melatih gamelan di US

Liputan6.com, Jakarta Gamelan, menjadi pesona budaya Indonesia yang diterima masyarakat dunia. Alunan gamelan yang terdiri dari perpaduan alunan bonang, kendang, saron, kenong dan lainya mencipta harmonisasi nada yang mampu diterima pendengarnya di berbagai belahan dunia.

Alunan gamelan, juga memukau Brent Talbot adalah seorang asisten profesor dan kordinator program pendidikan musik di Gettysburg College, negara bagian Pennsylvania, Amerika Serikat.

"Saya melatih gamelan Gita Semara di Gettysburg College di Gettysburg, Pennsylvania. Saya sangat menyukai gamelan karena ini alat musik yang menyatukan banyak orang. Gamelan juga indah suaranya dan sangat merepresentasikan Indonesia," jelas Brent Talbot kepada VOA Indonesia yang Liputan6.com kutip Selasa, (11/10/2016).

Adalah seniman Indonesia, I Nyoman Suadin yang memperkenalkan gamelan kepada Brent Talbot ketika dirinya menempuh pendidikan pasca sarjana bidang musik dan doktoral di Eastman School of Music.

"Ketika pertama kali diterima mengajar di sini, saya bertanya apakah memungkinkan untuk mengajar gamelan dan menggunakannya dalam pelajaran pendidikan musik," lanjutnya.

Bagaimana gamelan dapat diterima penikmat musik di Amerika Serikat? Simak kelanjutan artikel dengan mengeklik tautan berikut ini.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya yang sedang populer: Begini Cara Orang Terkaya Dunia Beri Uang Jajan ke Anaknya. Yuk, berbagi di Forum Liputan6.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.