Sukses

Hewan-Hewan Pemberani yang Dikirim ke Luar Angkasa

Sejumlah hewan pemberani dikirim untuk menjelajah luar angkasa.

Citizen6, Jakarta Penjelajahan luar angkasa sudah dilakukan puluhan tahun silam. Jauh sebelum manusia terbang ke luar angkasa, sejumlah hewan pemberanilah yang menjelajah luar angkasa. Hewan-hewan tersebut dinilai sangat berjasa bagi kemajuan ilmu astronomi.

 

Demi kelancaran proses mengeksplorasi luar angkasa, hewan-hewan terpilih berhasil diseleksi ketat para ilmuwan astronomi. Hewan-hewan berjasa yang rela berkorban layak diapresiasi.

Kisah para hewan berjasa pun penuh suka duka, ada yang selamat kembali ke Bumi dan ada pula yang mati akibat tidak dapat bertahan.

Dua kucing lucu yang dikirim ilmuan Prancis ke ruang angkasa. Pada tahun 1963, dua kucing, salah satunya Felicette selamat kembali ke Bumi. Namun, kucing satunya mati dalam perjalanan pulang.

Dua kucing pernah dikirim ke luar angkasa oleh ilmuan Prancis

Lain pula kisah anjing pemberani yang terbang ke luar angkasa. Laika, anjing yang menaiki kapal Sputnik 2 ini bernasib tragis. Anjing liar yang dilatik demi misi ke luar angkasa mati lebih awal sebelum mencapai luar angkasa.

Laika mati akibat tidak tahan temperatur pesawat ruang angkasa yang sangat panas. Anjing malang itu pun mati sekitar 5 sampai 7 jam setelah peluncuran.

Anjing pemberani yang terbang ke luar angkasa tapi mati 5-7 jam setelah peluncuran

Bagaimana kisah hewan pemberani lainnya yang pernah dikirim terbang ke luar angkasa? Kamu bisa menyimak selengkapnya di sini.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini