Sukses

Sosok Iwan Fals Muda di Mata Abah `Oemar Bakrie` Landoeng

Abah Landoeng berkisah bagaimana sosok Iwan Fals semasa remaja di SMP Negeri 5 Bandung.

Liputan6.com, Jakarta Siapa yang tak kenal dengan salah satu penyanyi legenda Tanah Air, Iwan Fals. Pria yang lahir dengan nama Virgiawan Listanto ini memang dikenal dengan lagu-lagunya yang berisi kritik kehidupan sosial di Indonesia.

Pria kelahiran Jakarta, 3 September 1961 ini memulai karir bernyanyinya pada akhir tahun 70-an. Sejak saat itu ia mulai banyak menciptakan berbagai lagu yang mengkritik perilaku sekelompok orang untuk ia nyanyikan sendiri.

Seorang guru semasa Sekolah Menengah Pertama (SMP) Iwan Fals berkisah bagaimana sosok penyanyi fenomenal itu semasa remaja di sekolah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Abah Landoeng berkisah

Abah Landoeng, salah satu guru fisika dan olahraga di SMP Negeri 5 Bandung menceritakan jika ketika sekolah Iwan adalah anak baik dan disiplin yang sangat suka bernyanyi.

"Saat sekolah dulu Iwan nggak nakal, dia suka nyanyi tapi suaranya sumbang. Makannya semasa sekolah dia di panggil Iwan Fals," jelas Abah Landoeng kepada Liputan6.com, melalui telepon, Selasa (18/10/2016).

Abah yang kini berusia 91 tahun menambahkan jika Iwan sangat suka mata pelajaran Bahasa Indonesia dan kesenian, apalagi saat kelas praktik seni berlangsung.

"Dia itu senang banget kalau ada praktik seni, karena dia bisa nyanyi. Tapi orang-orang di sekelilingnya nggak suka dia nyanyi lagu cinta-cintaan. Dia lebih populer kalau nyanyi lagu menyindir kehidupan sosial."

Sejak menjadi pelajar di Bandung, Iwan Fals memang menghabiskan waktunya dengan mengamen. Hal tersebut ia lakukan untuk melatih kemampuannya bergitar dan mencipta lagu. 

Nama Abah Landoeng kini memang tengah menjadi perbincangan publik di Tanah Air. Dia ternyata sosok Oemar Bakrie dalam lagu Iwan Fals.

(ul)

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.