Sukses

Antara Generasi X, Y, Z dan Lainnya, Kamu yang Mana?

Apa bedanya antara Generasi X, Y dan Z ?

Liputan6.com, Jakarta Akhir-akhir ini, di era internet, ketika informasi membanjir, sering muncul istilah-istilah baru yang kadang kita perlu googling untuk mengetahui artinya. Khususnya para digital immigrants, orang-orang yang separuh mindset dan perilakunya masih terjebak di masa lalu, orang-orang yang susah move on di era digital sekarang ini.

Sebenarnya siapa generasi mileniel itu? Dan kamu termasuk generasi yang mana? Untuk mengetahuinya, yuk kita simak selengkapnya:

1. Generasi Z

Generasi Z adalah mereka yang lahir ketika era internet telah berkembang pesat. Mereka lahir antara tahun 1995-2010 sebagai digital native. Mereka disebut juga iGeneration, generasi internet atau generasi langgas.

Karakter generasi ini sungguh berbeda dengan generasi sebelumnya, generasi milenial. Dengan adanya teknologi internet mereka mempunyai kebiasaan dan perilaku yang baru. Hidup mereka sangat digital. Mereka mengkonsumsi informasi, hiburan dan pengetahuan dari gadget di mana saja dan kapan saja tanpa terkendala waktu dan tempat.

Sehingga mereka mempunyai mindset global. Mereka bergaul dengan teman-teman dari seluruh penjuru dunia. Mereka sangat kreatif dengan mencipta konten original, independen dan “live”.

2. Generasi Milenial atau generasi Y

orang-orang yang disebut generasi milenial atau generasi milenium adalah mereka yang lahir kira-kira tahun 1981 -1994. Ketika internet mulai berkembang. Mereka telah mengkonsumsi informasi dari gadget, namun mereka belum terbiasa membuat konten kreatif.

Mereka baru sampai pada level suka berbagi dan menyebar konten melalui SMS, Facebook dan Twitter, belum terbiasa membuat konten original.

3. Generasi X (lahir tahun 1965-1980)

Generasi ini lahir ketika pc komputer baru muncul.Termasuk kelompok ini adalah mereka yang lahir kira-kira tahun 1965 sampai dengan tahun 1980. Generasi X ini sangat akrab dengan video game, tv kabel. Acara MTV sangat digemari oleh generasi ini,

Mereka menyimpan data komputer dengan floppy disk yang lebarnya lebih besar dari telapak tangan orang dewasa.

4. Baby Boomer

Dari semua generasi di atas, mungkin generasi baby boomer ini yang paling menyedihkan. Termasuk generasi ini adalah orang-orang yang lahir tahun 1946 – 1964. Generasi yang lahir setelah perang dunia II berakhir.

Generasi ini lebih suka memperbanyak keturunan. Mungkin karena saat itu belum begitu banyak hiburan atau hal lain yang lebih menyenangkan.

Saat ini generasi baby boomer sudah makin berkurang dan bahkan beberapa tahun lagi sudah tak ada lagi.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini
**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.