Sukses

Jokowi Terbahak Saat Nelayan Sebut Ada Ikan Indosiar dan Kakaktua

Dalam kunjungannya ke Pulau Miangas, Jokowi terbahak saat nelayan menyebut ada ikan yang namanya ikan Indosiar dan ikan kakaktua.

Liputan6.com, Jakarta - Melanjutkan rangkaian kunjungan kerja ke perbatasan paling utara di Tanah Air, Rabu (19/10/2016), Presiden Joko Widodo atau Jokowi berkunjung ke Pulau Miangas, Kabupaten Talaud, Sulawesi Utara. Kunjungan tersebut sekaligus untuk meresmikan Bandara Miangas yang berlokasi di pulau yang berbatasan dengan Filipina.

Setelah meresmikan Bandara Miangas, Terminal Penumpang Bandara Tanjung Api, Tojo Una-Una, dan Terminal Penumpang Bandara Kasiguncu, Poso, Kepulauan Talaud, Jokowi berkesempatan berdialog di atas podium. Saat itu, ia mengundang salah seorang nelayan naik ke atas pentas.

Dalam sebuah rekaman video, nelayan bernama Petrus tersebut diajak oleh Jokowi berbincang mengenai kegiatannya. Petrus mengaku kalau dirinya merupakan nelayan dan petani. Hal ini diamini oleh Jokowi kalau sumber daya alam dari laut Indonesia sesungguhnya sangat banyak.

Entah mengapa, Jokowi kemudian menantang si nelayan untuk menyebutkan 10 nama ikan.

"Kalau nelayan enggak tahu nama-nama ikan, namanya kebangetan," ujar Jokowi.

Dengan tergugup-gugup, nelayan itu pun berusaha menjawab tantangan Jokowi.

"Ikan kerapu."

"Ikan kerapu? Benar itu, bupati? Benar. Terus?"

"Ikan Indosiar."

"Apa? Ikan Indosiar?"

Mendengar jawaban polos tersebut, Jokowi agak bingung di awal. Namun kemudian tertawa terbahak-bahak bersama hadirin yang lain.

"Sebentar, sebentar. Ikannya Indosiar itu, ya?" tukas Jokowi sambil menirukan gerakan ikan yang disebutkan si nelayan.

"Bapak Gubernur, ada itu namanya ikan Indosiar? Ada?"

-

Karena undangan yang lain menjawab benar, Jokowi pun mengiyakan jawaban nelayan tersebut. Nelayan itu melanjutkan jawabannya.

"Ikan tuna, ikan cakalang, ikan kakaktua, Pak."

"Apa?" tanya Jokowi tak percaya. "Ikan kakaktua?" Jokowi menggaruk-garuk kepalanya disambut gelak tawa yang lain.

"Ada namanya ikan kakaktua? Setahu saya adanya burung kakaktua," tukas Jokowi tak yakin.

Nelayan tersebut pun meneruskan jawabannya dengan nama-nama ikan yang tak pernah Jokowi dengar sebelumnya.

"Wah, wah. Ini banyak sekali yang pakai bahasa daerah. Saya enggak ngerti," kata Jokowi sambil tersenyum.

Jokowi menutup dialog bersama nelayan tersebut dengan memintanya nanti menunjukkan ikan-ikan yang ia sebutkan tadi. Setelahnya, Jokowi pun secara resmi membuka Bandara Miangas di Kabupaten Talaud, Sulawesi Utara.

Sementara itu, ikan Indosiar yang dimaksud oleh nelayan tersebut tak lain ikan Torani atau sering disebut ikan terbang. Ikan terbang dapat ditemukan terutama di perairan tropis dan subtropis di Samudra Atlantik, Pasifik, dan Hindia. Ciri utamanya, sirip dadanya besar yang memungkinkan ikan ini meluncur tebang secara singkat di udara dan permukaan air.

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.