Sukses

Susu Warnanya Putih, Ketika Jadi Mentega Mengapa Berubah Kuning?

ketika masih berupa susu, warnanya cenderung putih namun ketika menjadi mentega warna berubah kuning?

Liputan6.com, Jakarta Bahan utama mentega adalah susu murni dan krim tanpa pewarna. Namun mengapa ketika masih berupa susu, warnanya cenderung putih namun ketika menjadi mentega warna berubah kuning?

Dilansir The Telegraph, perubahan warna itu terjadi secara alami. Perbedaan warna tersebut semata-mata hanya karena tingkat kandungan lemak pada mentega yang jauh lebih tinggi.

Elaine Khosrova, Penulis buku berjudul Butter a Rich History mengatakan, warna kuning dari mentega bersumber dari pigmen beta karoten yang terkandung pada tumbuhan yang dimakan oleh sapi. Beta karoten itu tersimpan di lemak sapi.

"Mentega mengandung 80 persen dari lemak sapi," ujarnya.

Sementara kandungan lemak dalam susu hanya sebanyak 3 persen. Selain itu susu juga kebanyakan mengandung air.

"Jika kamu mengaduk susu murni maka ada sisa warna paling kuning dari semuanya. Nah itu lah beta karoten yang bagus untuk mentega," ujarnya.

Elaine mengatakan, warna kuning yang terkandung dalam mentega bisa menjadi tolak ukur kualitas mentega. Semakin kuning mentega itu, semakin bagus kualitasnya.

So, sekarang jangan bingung-bingung lagi, mengapa susu warnanya putih dan mentega warnanya kuning. Dan jika ingin mengonsumsi mentega, pilihlah mentega alami yang paling kuning warnanya.

(War)


 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini