Sukses

Liputan6 Goes to UNJ, Menginspirasi Ratusan Mahasiswa

Seminar ini dihadiri ratusan mahasiswa, tak hanya dari UNJ namun juga mahasiswa dari universutas lain.

Liputan6.com, Jakarta Jumat, 21 Oktober 2016 BEM Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta menyelenggarakan seminar dengan tema Penulisan Esai Week of Writing.

Acara ini disponsori oleh Liputan 6 & Qwords.com.  Acaranya ini banyak benefitnya loh terutama untuk kamu-kamu yang mau jadi jurnalis dan memposting aktivitasnya di social media. By the way, kelas mimin dateng tepat jam 07.00 loh padahal acaranya mulai pukul 08.00, semangat banget kan kita kita?

Kamu yang baca artikel ini harus semangat juga yah untuk jadi jurnalis! Tapi berhubung mimin ada kelas sekitar jam 10.00 mimin posting materi sesi 2 aja yah. Cek yuk apa aja materi dan ilmu yang didapat kemarin!

Pertama dari Qwords.com membuka pendaftaran website gratis, lumayan kan selama setahun kamu-kamu para mahasiswa/i yang punya pacar, usaha, organisasi atau kegiatan-kegiatan menarik bisa posting di web-nya masing-masing secara GRATIS selama setahun.

Liputan6 Goes to UNJ, Menginspirasi Ratusan Mahasiswa

Jika lewat jangka waktu itu hanya membayar sekitar Rp 100.000-Rp 200.000 per tahun, terjangkau banget kan kan? Oh iya, web yang kita buat itu berdomain .co.id atau web.id jadi jika ada yang membuka web kita, kita akan dikenal sebagai masyarakat Indonesia!

Bangga banget dong pastinya kalau hal-hal positif seperti produk dan aktivitas yang kita posting dikenal di seluruh dunia dan mereka jadi kenal identitas kita sebagai bangsa Indonesia yang nggak kalah kreatif di mata dunia.

Lalu yang nggak kalah menarik nih yang kita tunggu-tunggu ada Liputan 6 menyampaikan materi di kampus! Banyak banget hal-hal yang kita dapatkan disini mengenai dunia jurnalistik seperti Citizen Journalist.

Di zaman sekarang nih yah siapa pun bisa jadi jurnalis entah backgroundmu keguruan, kedokteran, dll. Citizen Journalist Liputan 6 boleh mengirim artikel apapun selama hal tersebut tidak merugikan pihak-pihak tertentu, kamu bisa memposting tentang reportase, pengalaman, ide, gagasan dan analisa yang ada di sekeliling kamu!

Seru banget dong pastinya? Coba deh misalnya ada kegiatan kampus terus kamu kirim ke liputan 6 pasti banyak yang tahu dong kalau acara kamu itu keren dan bermanfaat bagi orang lain. Nah kalau kalian pengin banget tulisannya di posting di sini ada syaratnya.

Pertama , tulisan kalian harus punya sudut pandang yang berbeda, berbeda disini maksudnya nggak sama persis seperti artikel-artikel lain dengan tema yang sama. Jangan lupa sertakan nama objeknya agar menjadi keyword di google ketika orang lain mencari berita yang kamu tulis!

Liputan6 Goes to UNJ, Menginspirasi Ratusan Mahasiswa

Lalu bikin judul yang viral agar orang lain tertarik baca tulisan kamu. Yang kedua membuat berita lama menjadi berita baru, contohnya nih mimin kasih tau, kalian tahu film-film zaman dulu tahun 2000an kan?

Seperti Tuyul & Mbak Yul, Saras 008 dll. Kalian bisa tuh bikin cerita itu dari sudut pandang zaman sekarang. Menarik sekali bukan? Nah yang ketiga menulis konten positif di tengah bad news yang lagi panas-panasnya, menghibur masyarakat banget dong pastinya yang udah bosen sama berita-berita berbau negatif? Kalian juga nggak perlu takut nulis kalau merasa belum mahir, nanti ada editornya kok tenang aja.

Dan yang terakhir ada materi tentang video loh! Seneng kan kalau baca berita sambil nonton video, kalian pun bisa kirim video berbau berita ke mojo@liputan6.com, gembira banget kan pastinya kalau video kita dimuat di tv?

Wowww. Eh tapi kak aku ngga punya kamera bagus kayak SLR gitu kak gimana dong , nggak punya handycam juga aku?Tunggu tunggu, jangan khawatir! Pake smart phone kalian juga bisa kok, asal ketika ngambil gambarnya jangan potrait yah disarankan landscape, harus jelas objek yang diambil lalu fokus terhadap objeknya minimal 5 detik.

Apalagi sekarang banyak aplikasi editing video bisa diunduh secara gratis! So, tunggu apalagi? Yok mainin jempolnya untuk sebar berita dan konten positif! Tapi jangan lupa, bikinnya yang menarik yah supaya pesan berita nya dapat ditangkap masyarakat gaess. Sekalian mimin kasih foto seminar kemarin yah!

Penulis :

Kezia Juwita Puspitasari

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini
**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini