Sukses

Metamorfosis Pangky, dari Preman Jadi Aktivis Lingkungan

Puluhan tahun saya hidup di jalanan dan telah mendapat banyak pengalaman.

Liputan6.com, Bogor Program pemberdayaan masyarakat RZ (Rumah Zakat) dapat mengubah Pangky, preman jalanan, menjadi salah satu aktivis lingkungan di Desa Ciherang, Kabupaten Bogor. Sejak awal, Pangky aktif mengikuti pembinaan yang dilakukan oleh RZ.

“Awalnya kita memang ingin memberdayakan pemuda untuk berbagai program yang dilakukan oleh RZ. Salah satunya ya Om Pangky ini, dia aktif dan mampu mengajak pemuda lain untuk mengikuti program yang kami jalankan,” ujar Agusti Firman, Relawan Inspirasi RZ Bogor, Selasa (25/10/2016).

Ia dipercaya untuk menjadi Ketua Kebun Gizi dan Saung Kreativitas yang dibentuk oleh RZ. Banyak para remaja yang mengagumi sosok Pangky. Gayanya yang asik dan tidak mudah menghakimi orang lain, membuat orang di sekitarnya merasa nyaman.

“Puluhan tahun saya hidup di jalanan dan telah mendapat banyak pengalaman. Saat ini saya ingin melakukan hal yang lebih baik dan bermanfaat untuk Desa Ciherang ini, salah satunya dengan bahu membahu melakukan berbagai kegiatan positif di sini,” ujar Pangky.

Metamorfosa Pangky, dari Preman Jadi Aktivis Lingkungan

Dengan adanya Kebun Gizi tersebut, para anggota tidak harus membeli sayuran di pasar. Begitu pula dengan Saung Kreativitas yang saat ini sudah menjadi salah satu sumber penghasilan bagi pemuda putus sekolah di Desa Ciherang.

Penulis:

Titin Edeh Wantini
@titinwantini

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini
**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini