Sukses

Mulai Malam Ini Tugu Pancoran Berganti Rupa, Seperti Apa?

Ahok menyampaikan, patung yang digagas oleh Presiden Soekarno itu mulai pukul 22.00 WIB akan berubah

Liputan6.com, Jakarta Patung Dirgantara atau dikenal Patung Pancoran yang terletak di Jalan Pancoran mulai malam ini akan berganti rupa. Kabar itu disampaikan oleh Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahya Purnama alias Ahok lewat akun Intagramnya, @basukibtp.

Ahok menyampaikan, patung yang digagas oleh Presiden Soekarno itu mulai pukul 22.00 WIB akan berubah warna. Bekerja sama dengan Dinas Perindustrian Energi, Tugu Pancoran akan tampil lebih berwarna.

Tugu Pancoran

"Mulai malam ini, pk 22.00, patung dirgantara di pancoran berganti rupa," tulis Ahok.

Belum diketahui, apa motif Ahok membuat Tugu Pancoran berganti rupa. Kuat dugaan, lantaran selama ini Patung Pancoran dianggap tenggelam oleh bangunan-bangunan yang ada di sekitarnya.

Untuk diketahui, pengerjaan Tugu Pancoran berdasar atas permintaan Bung Karno. Patungnya terbuat dari perunggu seberat 11 ton dan dipahat oleh pematung asal Jogja, Edhi Sunarso.

Bung Karno ingin, tugu itu menjadi simbol keperkasaan bangsa Indonesia, khususnya di bidang dirgantara. Hanya saja, seiring perkembangan zaman dan pembangunan yang berkelanjutan, patung itu seolah tenggelam.

Netizen pun memuji inisiatif Ahok untuk menyemarakkan Tugu Pancoran. Paling tidak, dengan pernak-pernik lampu di malam hari, warga yang melintas, minimal ingat, ada Tugu Pancoran yang menjadi lambang kegagahan Indonesia.


(War)

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.