Sukses

Tim ENJ Jabar Menebar Inspirasi untuk Anak Pulau

Ekspedisi nusantara jaya (ENJ) adalah program kementrian koordinator maritim indonesia.

Liputan6.com, Jakarta Ekspedisi nusantara jaya (ENJ) adalah program kementrian koordinator maritim indonesia. Peserta program ini terdiri dari mahasiswa indonesia yang kuliah di dalam maupun luar negeri. Untuk bisa mengikuti program ini mereka harus mengikuti  proses seleksi yang diadakan oleh panitia kegiatan.  Pada intinya kegiatan ini mengusung semangat membangun negeri, dengan melihat potensi kemaritiman indonesia.

Kegiatan ENJ juga bertujuan membantu masyarakat yang tinggal di pulau-pulau kecil di indonesia, melalui 3 bidang yaitu: lingkungan, budaya dan pendidikan.

Tim kami mengadakan kelas inspirasi di Madrasyah Aliyah Negeri (MAN) 1 Jakarta Kampus B, Pulau Harapan, Kep. Seribu Utara. Di dalam kelas ketika kami memulai kelas inspirasi, aku bertanya kepada siswa kelas 3 "Siapa yang ingin kuliah?" 2 orang mengacungkan tangannya, sisanya tidak. Lalu dengan suara yg lantang aku bertanya sekali lagi "siapa yang ingin kuliah?" 2 orang tidak mengacungkan tangannya, sisanya mengacung.

Tim ENJ Jabar Menebar Inspirasi untuk Anak Pulau

Kemudian aku bercerita bagaimana aku bisa kuliah dengan segala keterbatasan dan kondisi yang sulit, sampai pada akhirnya hari ini aku sudah sampai semester 7, mereka antusias mendengarkanya dan beberapa dari mereka melihat ku seolah-olah berharap "aku juga ingin seperti kakak-kakak yg berada di depan". Lalu diakhir, kami yakinkan mereka bahwa tidak ada impian yg tidak bisa diraih, dengan mata yg penuh harap mereka ingin meraih impian yg mereka impikan.

Pada intinya mereka masih takut untuk kuliah karena mereka merasa tidak mampu bersaing dengan siswa lainnya yang mereka anggap lebih pintar dan yg paling banyak adalah mereka yg takut kuliah karena alasan biaya.

Mungkin itu cerminan siswa-siswa di daerah yg jauh dari pusat perkotaan, banyak yg takut kuliah kerena berbagai alasan. Namun dengan memberikan mereka motivasi yang kuat, akan menegaskan mereka bahwa harapan selalu ada dan impian selalu bisa diwujudkan.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini
**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.