Sukses

Ajaib, Bayi Ini Lahir ke Dunia Sebanyak Dua Kali

Faktanya memang bayi itu terlahir dua kali.

Liputan6.com, Jakarta Dunia kedokteran tak henti-hentinya membuat takjub. Terobosan demi terobosan dilakukan, membuat hal yang kedengarannya tidak mungkin menjadi mungkin. Seperti baru-baru ini terjadi di Texas, Amerika Serikat. Seorang dokter berhasil menyelamatkan nyawa bayi hingga membuat bayi tersebut mendapat julukan, bayi yang terlahir dua kali.

Dilansir WittyFeed.com, faktanya memang bayi itu terlahir dua kali. Makusdnya, apakah bayi itu jumlahnya dua? Kembar? Tidak, satu bayi namun pernah terlahir ke dunia sebanyak dua kali. Cukup!

Well, jadi begini. Semuanya bermula ketika ibu bernama Margaret Boemer dari Texas memeriksakan kandungannnya. Boemer melakukan USG ketika kandungannya berusia 16 minggu.

Ia sedih ketika kabar buruk menimpa janinnya. Dokter menemukan, ada tumor berkembang di tulang ekor si janin yang belum lahir itu. Teratoma sacrococcygeal, istilah medisnya. "Fenomena semacam ini hanya ditemukan satu dari 70.000 kelahiran," ujar dr. Cass, dokter yang menangani Boemer.

Hanya ada dua pilihan untuk Boemer. Menggugurkan janin atau melakukan operasi untuk mengeluarkan janinnya. Boemer memilih opsi kedua meskipun resikonya besar, yakni bayi akan meninggal karena belum siap untuk lahir.

Hingga pada usia 23 minggu, dr. Cass akhirnya melakukan operasi. Operasi itu bertujuan untuk mengangkat tumor dari tubuh si janin. Caranya dengan membedah rahim Boemer.

"Itu menjadi kelahiran pertama, yakni 5 hari sebelum kelahiran yang kedua," ujar dr. Cass.

Proses pengangkatan tumor bukan hal yang mudah, bahkan jantung bayi yang kini bernama Lynlee Boemer sempat terhenti. Namun dokter berhasil membangkitkan detak jantung Lynlee dengan obat-obatan.

"Kami kemudian menjahit kembali rahim dan memasukkan bayi seperti semula," ujarnya.

Dokter Cass mengatakan, operasi semacam itu terdengar seperti sebuah keajaiban. Dokter harus membuka rahim untuk kemudian menutupnya kembali dan menunggu proses kelahiran alamiah.

Akhirnya, lima hari pasca operasi itu, Lynlee lahir dengan kondisi bebas dari tumor. Kelahiran itu ditandai sebagai kelahiran kedua Lynlee. "Dokter telah membantu Lynee untuk melewati masa kritis. Setelah operasi janin selesai, Lynlee memerlukan waktu penyembuhan sementara aku masih mengandungnya," ujar Boemer.

Kini, Lynlee telah lahir ke dunia dengan selamat. Ia tumbuh dan berkembang menjadi bayi imut yang sehat. Masalahnya adalah, kapan kira-kira Margaret Boemer akan menetapkan tanggal kelahiran bayinya? Ini menyangkut identitas dan hari ulang tahun Lynlee kelak.


(War)

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini


**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini