Sukses

7 Tanda Anda Miliki Mental yang Kuat, Apa Saja?

Beberapa ciri-ciri ini menandakan Anda memiliki mental yang kuat. Apa saja?

Liputan6.com, Jakarta - Secara teoretis, semua pengalaman kita membuat kita lebih baik. Bersikap optimis, mengambil kendali dari hidup Anda sendiri, dan tidak mengasihani diri sendiri adalah beberapa karakteristik dari seseorang yang memiliki mental yang kuat. 

Seperti dilansir dari Brightside, Senin (31/10/2016), berikut beberapa ciri-ciri orang yang memiliki mental kuat menurut Amy Morin, seorang psikoterapis dan ahli dalam kekuatan mental.

1. Anda tahu bagaimana menjaga emosi dan logika tetap seimbang

Ini bukan tentang apakah Anda dikuasai oleh emosi atau perasaan yang baik. Ini tentang mengetahui bagaimana untuk menjaga keseimbangan keduanya, untuk melihat dengan jelas ketika emosi menang atas logika dalam proses pengambilan keputusan. Jika Anda memiliki mental yang kuat, Anda tahu bagaimana menyeimbangkan keduanya.

2. Anda menghabiskan waktu secara produktif

Seringkali kita melontarkan seribu alasan untuk tidak menyelesaikan pekerjaan kita. Tapi orang-orang yang mentalnya kuat, akan berfokus pada apa yang mereka inginkan dan menghindari membuang-buang waktu mereka untuk kegiatan yang tidak produktif.

3. Anda memercayai kemampuan Anda untuk beradaptasi dengan perubahan

Kehidupan terus berubah dan kadang sulit untuk beradaptasi dengan lingkungan baru. Kebanyakan orang mencoba menolak perubahan tersebut, tapi orang-orang yang mentalnya kuat akan fokus untuk mengatasi realitas yang cepat berubah.

4. Anda menghadapi ketakutan yang menghambat Anda

Kebanyakan orang menghindari ketakutan mereka, berusaha lari dari halangan di depannya. Tapi orang-orang bermental kuat akan menghadapi dan mengatasi ketakutan yang mencegah mereka menjadi versi lebih baik dari diri mereka sendiri.

5. Belajar dari kesalahan

Mental orang yang kuat tidak mencoba untuk membenarkan tindakan mereka atau menyembunyikan kesalahan mereka dari orang lain. Mereka belajar dari kesalahan mereka dan berharap untuk menjadi lebih baik.

6. Anda merayakan keberhasilan orang lain

Memiliki mental yang kuat berarti mengetahui bagaimana cara bekerja sama. Keberhasilan orang lain tidak pernah membuat Anda merasa cemburu. Sebaliknya, bila memiliki mental yang kuat Anda tahu bagaimana cara merayakan kebahagiaan atau kesuksesan orang lain.

7. Anda hidup dan membuat keputusan sesuai dengan nilai-nilai yang dianut

Jika Anda hidup menurut nilai-nilai yang diyakini dan memahami prioritas, Anda tak akan pernah kesulitan dalam membuat keputusan. Kemampuan ini membuat orang secara mental kuat.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.