Sukses

Sungai Dua Rasa, Sungai Ajaib dengan Suhu Panas dan Dingin

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia memiliki banyak tempat-tempat menakjubkan yang tak bisa kamu jumpai di luar negeri. Sebagai bukti, satu sungai di Sumatera Utara memiliki aliran air panas dan dingin dalam satu sungai. Wah, memangnya bisa? 

Jika kamu berkunjung ke Sumatera Utara, sempatkan datang ke Negeri Suah, Deli Serdang. Di sana, terdapat sungai yang disebut Sungai Dua Rasa. Bukan, sungai ini bukannya memiliki dua rasa berbeda di lidah.

Dua rasa di sini lebih terkait dengan kulit. Ya, Sungai Dua Rasa dinamakan demikian karena memiliki aliran air yang panas dan dingin di satu sungai.

Menurut penduduk setempat, air sungai ini berasal dari dua sumber yang berbeda. Air bersuhu panas berasal dari Air Terjun Sampuren Putih, sementara air yang bersuhu dingin berasal dari Sungai Lau Suruway. Keduanya kemudian menyatu di Sungai Dua Rasa.

Karena keunikannya, wisatawan bisa meletakkan kaki kiri di arus dingin dan kaki kanan di air bersuhu hangat atau sebaliknya. Sensasi yang dirasakan unik sekali. Akan tetapi, sensasi panas dan dingin tersebut tidak akan dirasakan bila berendam jauh dari penyatuan dua aliran air tersebut.

Sungai Dua Rasa sejatinya masih belum terlalu ramai dikunjungi wisatawan. Kondisi jalan yang kurang mulus serta rambu-rambu yang masih seadanya membuat kamu mesti rajin bertanya pada penduduk untuk mencapai lokasi tersebut.

Untuk masuk ke lokasi wisata Sungai Dua Rasa, pengunjung akan dikenai biaya sebesar Rp 2.000. Di sana juga telah tersedia tempat makan dan kamar mandi bilas. Sungai Dua Rasa berjarak sekitar 50 km dari Medan atau 45 menit dari kecamatan Sibolangit.

Tertarik mencoba?

(foto: dutamedan.com)

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6