Sukses

Seminggu Mandi dengan Air Dingin, Ini Manfaat yang Dirasakan

Cobalah mandi air dingin selama satu minggu lalu rasakan manfaat berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta - Mandi air dingin umumnya dianggap sebagai tindakan yang menyiksa. Malahan hal ini sering ditunjukkan di film-film sebagai salah satu cara menyiksa tahanan. 

Meski tidak begitu disukai, banyak pula yang merasakan manfaat dari mandi air dingin. Hal ini pun telah didukung oleh beberapa penelitian.

Air dingin telah lama digunakan sebagai pengobatan untuk sakit otot oleh terapis olahraga dan para atlet. Manfaat lain dari air dingin ini termasuk menurunkan berat badan secara drastis dan membuat kulit terasa lebih lembut.

Salah satu studi yang dipublikasikan di jurnal Medical Hypotheses mengatakan bahwa mandi dengan air dingin dapat digunakan sebagai pengobatan untuk depresi. Air yang dingin juga membantu produktivitas dan meningkatkan konsentrasi bekerja di pagi hari.

Seorang pemuda pernah mencoba untuk mandi dengan air dingin setiap pagi selama satu minggu dan hasil yang ia dapatkan mengejutkan. Menurut pemuda itu seperti dilansir dari Menshealth, Senin (07/11/2016), berikut beberapa manfaat yang ia peroleh.

1. Pikiran menjadi lebih fokus

Berbeda dengan sensasi mandi dengan air hangat, mandi dengan air dingin memberikan efek yang berbeda. Detik-detik di awal ketika tubuh disiram oleh air dingin, mungkin tubuh rasanya seperti beku.

Namun setelah itu, pikiran pun lebih fokus. Tubuh yang dingin membuat pikiran lebih tenang, sehingga bisa mengambil keputusan yang tepat.

2. Lebih termotivasi

Setelah mandi dengan air dingin, manfaat yang dirasakan berikutnya semangat untuk lebih produktif.

3. Kemauan dan keberanian untuk mengambil risiko

Setelah beberapa hari mandi dengan air dingin, yang dirasakan oleh tubuh dan pikiran yakni kemantapan. Menurut pemuda itu, ia menjadi lebih berani untuk mengambil keputusan yang dirasa akan berisiko. 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini