Sukses

Bersiaplah, November Ini Hujan Meteor Taurid Sambangi Langit

Liputan6.com, Jakarta - Kabar baik bagi Anda yang suka mengamati benda langit dan pecinta Astronomi. Bulan ini, Anda bisa menyaksikan hujan meteor yang disebut Taurid. 

Hujan meteor Taurid mungkin tidak semenakjubkan hujan meteor Perseid dengan banyak bintang jatuh, tapi hujan meteor Taurid menawarkan bintang jatuh yang tampak seperti bola api. Fenomena alam ini bisa Anda saksikan antara tanggal 11-15 November, sebelum bulan purnama.

"Secara umum, Taurid sangat cerah. Mungkin hanya ada lima bintang jatuh per jam, tapi warnanya cerah," ujar ahli meteor NASA, Bill Cooke.

Melansir dari Indiatimes, Selasa (08/11/2016), hujan meteor Taurid berhubungan dengan Komet Encke. Karena mengorbit di dekat matahari, fenomena alam yang satu ini akan meninggalkan jejak samar di ekor kometnya.

Hujan meteor ini berlangsung sepanjang hari, namun waktu terbaik untuk melihat hujan meteor ini yakni pada waktu fajar. Karena pada saat itu, visibilitas untuk melihat benda langit paling bagus.

"Cahaya tak terlalu terang, jadi bersiaplah sepanjang waktu jika ingin melihat mereka," tambah Bill.

Jika Anda ingin mengamati hujan meteor ini, ada baiknya meninggalkan keriuhan kota yang penuh lampu dan pergi ke bukit. Berbaring beratapkan langit, sambil melihat hujan meteor tentu akan menjadi pengalaman yang menakjubkan.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Artikel Selanjutnya
Indahnya Air Terjun Kembang Soka dan 7 Sumber Mata Airnya
Artikel Selanjutnya
Pesona Anak Semeru, Gunung Penanggungan di Mojokerto