Sukses

Sekali Seumur Hidup, Kamu Mesti Coba 5 Buah Ajaib Ini

Buah-buah ini mungkin belum pernah Anda temukan dan cicipi sebelumnya. Padahal rasanya enak dan menarik. Apa saja?

Liputan6.com, Jakarta - Tahukah Anda, banyak buah-buah eksotis di dunia ini yang mungkin belum pernah Anda lihat sebelumnya. Buah-buah ini memiliki bentuk yang unik dan menarik. Sekali dalam seumur hidup, Anda harus mencicipi buah-buah eksotik ini.

1. Physalis

merupakan bagian dari keluarga nightside, buah yang satu ini memiliki struktur dan rasa asam yang mirip tomat. Rasanya ringan dan menyegarkan.

Buah physalis ini populer di kalangan tukang kebun karena bentuknya yang seperti lentera. Buah asli Amerika ini juga dapat ditemukan di Afrika Selatan.

2. Jabuticaba

- 

Tidak seperti buah lainnya, buah yang satu ini tumbuh di kulit dan batang pohon. Hal ini membuat pohonnya tampak seolah ditutupi kutil berwarna ungu.

Buah yang aslinya berasal dari Brasil, Argentina, Paraguay, Peru, dan Bolivia ini memiliki kulit luar berwarna ungu dan daging buah berwarna putih. Jabuticaba sebagian besar dimakan mentah atau dibuat menjadi kue tar, selai, anggur, dan minuman.

3. Horned Melon/Melon Bertanduk

- 

Buah ini memiliki duri seperti tanduk sehingga dijuluki demikian. Biasa disebut kiwano, mentimun Afrika bertanduk, dan lainnya, buah yang matang memiliki kulit luar berwarna kuning/oranye. Isinya berwarna hijau dengan rasa dan tekstur seperti mentimun.

Buahnya bisa dimakan setelah matang. Di beberapa negara sub-sahara, buah ini menjadi sumber air selama musim kering.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

4. Aguaje

4. Aguaje

Buah aguaje ini tumbuh di hutan hujan Amazon. Namun, buah ini juga banyak ditemukan di Kolombia, Peru, Bolivia, Brasil, Ekuador. Masyarakat pedalaman biasa menggunakan buah yang satu ini untuk pengobatan luka bakar.

Sementara masyarakat modern, mengolah buah ini menjadi selai, jus, es krim, anggur. Buah ini kaya vitamin A dan C. Kulitnya yang berwarna merah harus dikupas banyak hingga daging buahnya terlihat.

5. Hala

- 

Banyak sebutan untuk buah Hala, seperti fala, bacua, vacquois. Buah ini sangat jarang terlihat. Kulit luarnya berserat sedangkan di dalamnya, terdapat 38-200 baji seperti ruas. Tiap ruas berisi dua biji.

Buah hala dapat dimakan mentah atau dimasak. Tanaman ini dikatakan memiliki sifat obat. Sedangkan daunnya dapat digunakan untuk kerajinan tangan, seperti atap, tikar, keranjang, dan lainnya.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.