Sukses

Dalang Bule yang Profesor Ini Pukau Ratusan Penonton Wayang

Liputan6.com, Jakarta Tak hanya di Indonesia, wayang kulit mampu menarik perhatian penikmat seni di kota London, Inggris. Pagelaran wayang yang digelar di BP Lecture Theatre, British Museum, London, Sabtu (5/11/2016) malam waktu setempat terbukti sukses memukau ratusan orang.

Uniknya lagi, dalang yang memainkan lakon wayang Begawan Mintaraga dari cuplikan Mahabarata ini adalah Professor Matthew Isaac Cohen, Guru Besar International Theatre, Department of Drama, Theatre and Dance dari Royal Holloway, University of London di Inggris.

"Tak hanya guru besar dan dosen, Cohen juga dalang dengan berbagai pengalaman internasional," kata Thomas Siregar Minister Counsellor Fungsi Pensosbud KBRI London seperti dikutip dari laman Antara.

Cerita wayang yang biasanya memakan waktu cukup lama dan memerlukan konsentrasi tinggi, dibawakan secara menarik dan menghibur oleh dalang Cohen. Penggunaan Bahasa Indonesia dan Inggris sesekali menyisipkan bahasa Sunda dan Jawa, yang diekspresikan melalui beragam suara menjadikan pertunjukan wayang terasa sangat istimewa.

Bahkan, menyaksikan pertunjukan wayang kulit lebih dari tiga jam dirasakan sebagai sesuatu yang sangat menyenangkan. Tidak jarang dalang Cohen menyisipkan berbagai pesan moral kehidupan dengan ekspresi jenaka. Simak kelanjutan artikel dengan mengeklik tautan berikut ini.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya yang sedang populer: Ini Alasan Bule di Inggris Gemar Makan Tempe. Yuk, berbagi di Forum Liputan6.

Artikel Selanjutnya
Maria Sulistyani, Melanglang Buana Lewat Teater Boneka
Artikel Selanjutnya
Lewat Teater Boneka Melanglangbuana ke Mancanegara