Sukses

Ditemukan Tablet Kutukan dari 2.400 SM, Isinya Mengerikan

Dari kuburan seorang wanita, ditemukan tablet berisi kutukan pada orang-orang yang tidak disukainya.

Liputan6.com, Jakarta - Para arkeolog menemukan penemuan yang mengejutkan. Saat mereka menggali kuburan seorang wanita muda di Athena, Yunani, mereka menemukan lima lempengan timah (tablet) berisi kutukan dari 2.400 tahun yang lalu.

Dari tablet kuno itu, terungkap bahwa empat pasang suami-istri penjaga kedai yang berbeda di Athena, telah dikutuk lewat tablet tersebut. Empat dari lima tablet itu bertuliskan permintaan kutukan kepada dewa dunia bawah (chthonic), sementara tablet kelima dibiarkan kosong.

Kutukan tersebut diukir dengan paku besi. Kemudian, dikubur dengan harapan permintaan kutukan mereka sampai ke dewa bersangkutan. Orang zaman dulu percaya, dewa akan dipaksa untuk melakukan penawaran setelah tablet itu mencapai tempat bersemayamnya para dewa.

Melansir dari Unbelievablefacts, Rabu (09/11/2016), salah satu kutukan ditargetkan pada pasangan suami-istri Phanagora dan Demetrios. Kutukan itu meminta para dewa untuk melemparkan kebencian mereka pada kedai-kedai yang mereka punya, serta harta benda milik mereka.

- 

Jessica Lamont, seorang instruktur di John Hopkins University di Baltimore pernah menulis bahwa memalu paku ke tablet merupakan simbol kuatnya keinginan tersebut. Menurut dia, penemuan tablet di kuburan seorang wanita pastinya hanya kebetulan. Sebab, tablet kutukan seharusnya dikubur tanpa disanding apapun.

Kelima tablet kutukan tersebut ditemukan di makam wanita yang terletak di timur laut dari Piraeus, pelabuhan Athena. Kuburan itu juga berisi sisa-sisa kremasi si wanita dan tanda-tanda persembahan ritual.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini