Sukses

Jangan Buang Pisang Terlalu Matang, Ini 10 Manfaatnya

Siapa sangka, pisang matang dengan bintik cokelat atau hitam ternyata memiliki banyak manfaat. Apa saja?

Liputan6.com, Jakarta - Pisang telah lama menjadi salah satu buah favorit yang dikonsumsi penduduk dunia. Malahan, di Amerika Serikat, pisang menjadi buah yang paling banyak dikonsumsi, melebihi jumlah apel dan jeruk yang digabung.

Pisang sarat dengan nutrisi, vitamin, serat, dan gula alami seperti sukrosa dan fruktosa. Menjadi buah yang penuh gizi membuat pisang berkontribusi terhadap kesehatan banyak orang.

Pisang matang berwarna kuning bersih sudah tentu disukai orang. Sebaliknya, pisang yang memiliki bintik cokelat cenderung dihindari. Rupanya yang tak cantik di mata menjadi alasan banyak orang mengonsumsi pisang jenis ini.

Padahal, pisang yang memiliki bintik-bintik gelap ini ternyata memiliki beberapa manfaat kesehatan yang tidak diketahui orang. Hm, apa saja? Dilansir dari Undergroundhealth, Kamis (10/11/2016), berikut manfaat pisang dengan bintik cokelat tersebut.

1. Meningkatkan kemampuan sistem kekebalan tubuh dalam melawan sel tumor

Sebuah penelitian ilmiah di Jepang menyimpulkan bahwa bintik-bintik gelap pada pisang menghasilkan zat Tumor Necrosis Factor (TNF) yang memiliki kemampuan untuk melawan sel-sel kanker. Kerja sama antara sel-sel ini dengan sistem kekebalan tubuh akan membimbing mereka menuju sel yang terinfeksi, menangkap sel-sel abnormal yang menjadi sebab kanker.

2. Mengurangi gejala sakit maag

Pisang matang dengan bintik cokelat sesungguhnya kaya akan kalium-mineral dengan pH 14. Oleh karena itu, makan satu buah pisang dapat membantu dalam mengoreksi keasaman dalam perut dan mengurangi gejala sakit maag.

3. Mengontrol tekanan darah

Selain kaya kalium, pisang matang rendah sodium sehingga membantu mengatur tekanan darah. Sebuah studi oleh PK Whelton yang dipublikasikan dalam Journal of American Medical Association menunjukkan bahwa peningkatan konsumsi harian asupan kalium membantu menurunkan tekanan sistolik 3 mmHg dan tekanan diastolik hampir 2 mmHg.

4. Sumber energi yang cepat

Tiga jenis gula alami yang dikandung pisang matang, dikombinasikan dengan serat, sangat membantu dalam pemenuhan energi. Penelitian menunjukkan hanya dua buah pisang sebelum latihan dapat meningkatkan daya tahan tubuh selama satu jam atau lebih. Kalium juga membantu mencegah kram otot.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Meningkatkan kekebalan terhadap anemia

5. Meningkatkan kekebalan terhadap anemia

Karena tingginya jumlah zat besi dan kalium yang dimiliki pisang berkulit gelap, hal ini membantu meningkatkan hemoglobin yang meningkatkan pasokan darah untuk membantu tubuh melawan anemia.

6. Mudah dikonsumsi bahkan yang memiliki tukak lambung

Mengonsumsi pisang matang membantu dalam mengatasi gangguan usus karena mengurangi keasaman lambung. Mereka juga membantu dalam mengurangi iritasi lambung karena seratnya yang halus, lembut, dan lembek sehingga menjaga lapisan lambung terhadap asam korosif.

7. Baik dimakan bagi yang sedang depresi

Serotonin adalah neurotransmitter yang membuat otot rileks, merasa senang, dan meningkatkan mood. Sebuah pisang dengan bintik-bintik gelap tinggi akan typtophan yang diubah menjadi serotonin oleh tubuh. Hal ini membuatnya sangat baik dikonsumsi seseorang yang sedang depresi.

3 dari 3 halaman

Membantu mengurangi sembelit

8. Ramah terhadap pencernaan dan membantu mengurangi sembelit

Serat yang tinggi dari pisang berbintik cokelat membantu dalam mengatur pencernaan. Mereka juga mengandung zat yang disebut pectin, sejenis serat yang mengubah tekstur pisang saat matang dan menjadikannya lebih lembut. Sangat disarankan untuk mengonsumsi pisang untuk mengurangi sembelit.

9. Meningkatkan suasana hati selama PMS

Vitamin B6 dan potasium dalam pisang matang membantu mencegah retensi air dan perasaan kembung. Pisang membantu mengatur tingkat gula darah dan kalium dalam pisang, serta membantu menghindari kram otot yang mengarah ke perbaikan suasana hati secara keseluruhan.

10. Membantu menurunkan suhu tubuh

Zat tanin dalam pisang matang baik untuk menurunkan suhu tubuh. Mengonsumsi piang akan membantu penyerapan kadar air dalam sel yang membuat suhu tubuh turun. Hal ini sangat bermanfaat untuk mencegah dehidrasi dan suhu panas di luar.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini