Sukses

Biasakan Minum Air Saat Perut Kosong Sebulan, Ini yang Terjadi

Liputan6.com, Jakarta - Wanita Jepang terkenal dengan kulitnya yang indah, kencang, dan sehat. Sebenarnya, apa rahasia kulit yang demikian? Beberapa penelitian menemukan, ritual minum air pada waktu perut kosong segera setelah bangun tiap pagi adalah jawabannya. 

Menurut banyak penelitian, praktik sederhana ini memberikan hasil positif pada kesehatan Anda. Melansir dari Lifehack, Kamis (10/11/2016), berikut manfaat yang dirasakan membiasakan minum air pada waktu perut kosong di pagi hari setidaknya selama satu bulan:

1. Tubuh terasa lebih segar dan sehat

Beberapa hari setelah mulai minum air di pagi hari, tubuh akann terasa lebih ringan. Tubuh akan melakukan detosifikasi dengan lebih mudah. Hal ini tentu sangat baik karena racun-racun dari tubuh mulai dikeluarkan.

2. Metabolisme membaik

Membiasakan minum air putih saat perut masih kosong akan membuat diet lebih mudah. Rasa lapar yang mengganggu setiap jam perlahan mulai dapat ditoleransi. Kebutuhan untuk camilan di antara waktu makan pun menghilang dan tubuh terasa lebih berenergi.

3. Membantu menurunkan berat badan

Selain rasa lapar berkurang, pencernaan menjadi lebih baik sehingga berat badan cenderung turun. Hal ini juga akan membuat Anda termotivasi untuk lebih banyak berolahraga.

4. Kulit terlihat lebih cerah

Terapi air sangat berpengaruh terhadap kulit Anda. Membiasakan minum air pada saat perut kosong akan membuat kulit terlihat sehat, bercahaya, dan bersinar. Selain itu, kerutan di wajah pun cenderung berkurang.

5. Rambut terlihat lebih baik

Rambut yang biasanya rapuh dengan membiasakan minum air putih akan memberikan pengaruh. Pertumbuhan rambut sehat semakin baik, permukaan rambut juga terlihat lebih mengkilap.

6. Tidak mudah sakit

Ritual sederhana ini nyatanya dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Membiasakan minum air pada waktu perut kosong membantu Anda menangani penyakit tanpa harus minum obat. Dan tentunya, Anda pun tidak lagi mudah sakit lagi.

Walau demikian, ada panduan untuk kebiasaan sederhana ini. Berikut hal yang patut Anda perhatikan.

1 dari 2 halaman

2

1. Minum empat gelas air segera setelah bangun tidur, sebelum menggosok gigi, dan pada saat perut kosong. Jika terasa sulit memulainya langsung dengan empat gelas, mulailah dengan bertahap.

2. Jangan makan apapun selama 45 menit berikutnya.

3. Setelah 45 menit, Anda bisa makan dan minum seperti biasa.

4. Jangan makan atau minum apapun selama 2 jam setelah sarapan, makan siang, dan makan malam.

Hasil yang berbeda juga tergantung dengan penyakit yang diderita. Berikut panduannya.

1. Untuk penderita diabetes atau hipertensi, perubahan pada tubuh baru terasa setelah 30 hari membiasakan kebiasaan tersebut.

2. Untuk penderita konstipasi dan gastritis, perubahan pada tubuh baru terasa setelah 10 hari membiasakan kebiasaan tersebut.

3. Untuk penderita Tubercolosis, perubahan pada tubuh baru terasa setelah 90 hari membiasakan kebiasaan tersebut.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Artikel Selanjutnya
Hindari Melakukan 3 Hal Ini Sehabis Makan
Artikel Selanjutnya
5 Tanda Anda Kurang Minum Air Putih