Sukses

Warna-Warna Dunia bagi Para Pengidap Buta Warna

Liputan6.com, Jakarta - Menurut data, ternyata cukup banyak dari kita yang menderita buta warna. Setidaknya, 0,5 persen wanita dan 8 persen pria menderita buta warna dengan golongan yang berbeda-beda.

Berkebalikan dengan yang selama ini dikira orang-orang, seseorang dengan buta warna tak sepenuhnya melihat dunia dengan warna hitam putih saja. Ada beberapa kategori buta warna. Melansir dari Brightside, berikut perbedaan warna yang dilihat oleh orang yang buta warna dengan yang tidak.

Seseorang dengan penglihatan normal akan melihat pensil warna seperti gambar di atas. Sementara orang dengan buta warna, berbeda.

1. Deuteranomalia

- 

Merupakan bentuk paling umum dari buta warna. Sekitar 4,63 persen pria menderita buta warna jenis ini dan dalam banyak kasus, mereka tidak menyadarinya. Dari foto di atas, terlihat jelas bahwa seseorang dengan deuteranomalia kehilangan beberapa warna cerah, khususnya yang berkaitan dengan warna hijau dan merah.

2. Protanopia

- 

Adalah kategori buta warna yang kurang dikenal. Hanya sekitar 1 persen pria mengalami protanopia. Pada buta warna jenis ini, semua warna hijau dan merah memudar. Sementara warna biru dan kuning hampir tidak berubah. Seperti gambar di atas.

3. Tritanopia

- 

Merupakan jenis buta warna yang sangat langka. Buta warna kategori yang satu ini mempengaruhi pria dan wanita dengan jumlah yang sama-sama kecil. Mereka yang mengalaminya melihat dunia dalam nada merah muda kehijauan.

4. Buta warna total

- 

Jenis buta warna yang satu ini membuat penderitanya hanya melihat dunia dalam warna hitam dan putih. Namun demikian, jenis buta warna ini sangat jarang. Hanya 0,00003 persen dari populasi dunia yang mengidap buta warna jenis ini.

Berikut perbedaan lainnya:

-

-

-

-

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Artikel Selanjutnya
Tidur Lebih Pulas dengan Motif Seprai Ini
Artikel Selanjutnya
Riasan Makin Seru dengan Pop Smokey Eyes