Sukses

9 Hal Aneh pada Tubuh Ini Ternyata Mekanisme Pertahanan

Liputan6.com, Jakarta - Tubuh kita adalah kumpulan yang kompleks dari berbagai siklus biologis dan sistem yang seringkali sulit untuk dipahami. Mereka melindungi kita dari bahaya 24 jam sehari, tujuh hari seminggu, dari seluruh hal yang mungkin bisa merugikan kita.

Berikut merupakan sembilan hal menarik dari tubuh kita yang mungkin tak pernah disadari sebelumnya, yang ternyata merupakan mekanisme pertahanan. Apa saja?

1. Kerutan pada kulit

Kerutan yang muncul pada kulit tangan Anda memiliki peran yang sangat penting. Fenomena ini disebabkan oleh fakta bahwa ketika Anda bertemu peningkatan jumlah uap air, tubuh memahami kalau lingkungan di sekitar Anda mungkin licin. Jadi, kulit di tangan Anda segera mulai berubah dengan cara yang akan membuat Anda lebih mudah untuk memegang permukaan halus.

2. Menguap

Tujuan utama dari menguap adalah untuk mendinginkan otak setelah terlalu panas atau kelebihan beban.

3. Bersin

Biasanya ketika kita bersin, itu berarti saluran hidung sudah terlalu penuh oleh mikroba, debu, alergi, atau iritasi lainnya. Bersin adalah cara tubuh menyingkirkan sampah ini.

Kehilangan memori

4. Kehilangan memori

Kehilangan memori sering terjadi setelah terjadinya pengalaman yang paling tidak menyenangkan. Otak kita benar-benar akan menghapus momen paling mengerikan dari ingatan kita. Hal ini seperti komputer yang di-restart kembali.

5. Merinding

Fungsi utama dari merinding adalah untuk mengurangi jumlah panas tubuh yang hilang lewat pori-pori. Dengan merinding, tubuh lebih mudah untuk menghangatkan diri di kondisi iklim yang tidak ramah.

6. Air mata

Selain bertindak sebagai perlindungan akan benda asing, air mata berfungsi sebagai alat pertahanan emosional. Ilmuwan percaya bahwa dalam situasi stres, tubuh menciptakan sumber tenaga baru untuk mengalihkan perhatian seseorang dari rasa sakit yang mereka alami. Menangis adalah cara mengaktifkan sumber tenaga tersebut.

Meregangkan badan

7. Meregangkan badan

Secara naluriah, kita meregangkan badan untuk mempersiapkan tubuh menghadapi beban fisik yang akan dihadapi nantinya. Pada saat yang sama, peregangan juga membuat aliran darah lancar, meningkatkan suasana hati, dan membuat otot santai.

8. Cegukan

Ketika kita makan sangat cepat, menelan potongan makanan yang terlalu besar, atau makan berlebihan, saraf pneumogastric dapat mengalami iritasi. Hal ini terkait erat dengan perut dan diafragma. Hasilnya adalah cegukan.

9. Tersentak

Hal ini mengacu para perasaan aneh ketika Anda berbaring untuk tidur dan tubuh seperti melayang, lalu Anda tersentak yang tampak seperti sengatan listrik. Pada saat ini, semua otot Anda mengejang begitu kuat sampai Anda langsung terbangun.

Fenomena ini merupakan hasil dari kenyataan bahwa ketika Anda mulai tertidur, frekuensi pernapasan menurun, otot-otot santai, dan denyut jantung melambat. Hebatnya, otak malah menafsirkan perkembangan ini sebagai pertanda kematian. Jadi tubuh mencoba untuk menyadarkan Anda dengan memberikan sentakan.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Artikel Selanjutnya
7 Kebiasaan Dianggap Baik Ini Dapat Merusak Kesehatan
Artikel Selanjutnya
Ketahui Fakta Ini Sebelum Lakukan Lip Injections