Sukses

Wajib Coba, 10 Kuliner Kekinian di Kota Bengawan

Mulai dari nasi liwet hingga cabuk rambak kuliner yang wajib dicoba saat berada di kota Solo.

Liputan6.com, Jakarta Kota Solo tak hanya dikenal sebagai tempat kelahiran Presiden Joko Widodo. Kota Solo juga memiliki kekayaan tradisi budaya dan sejarah yang panjang. Saat berlibur dan jalan-jalan ke Kota Surakarta atau lebih dikenal dengan Solo, tidaklah lengkap jika tidak mencicipi kuliner khasnya.

Di kalangan pecinta dan pemburu makanan enak, kota Solo dikenal sebagai salah satu gudangnya makanan enak. Jika berkunjung ke sana, tidak sulit untuk mencari berbagai makanan minuman maupun jajanan khas yang enak. Pengunjung akan dimanjakan oleh keanekaragaman makanan yang tersebar di berbagai sudut kota ini yang menyajikan cita rasa khas dan eksotis yang langka dijumpai di tempat lain.

Demi menjawab rasa penasaran tentang makanan dan jajanan apa saja yang wajib dicicipi saat berkunjung ke Solo, berikut sepuluh kuliner yang wajib dicoba saat berada di Solo:

1. Nasi Liwet

Nasi Liwet merupakan makanan khas Solo yang paling terkenal. Berasnya dimasak dengan kaldu ayam yang membuat nasi terasa gurih dan beraroma lezat. Nasi tersebut dicampur dengan sayur labu siam yang dimasak sedikit pedas, isinya biasa berupa telur pindang rebus, daging ayam suwir, kumut (kuah terbuat dari kuah santan yang dikentalkan). Disajikan dengan daun pisang yang dipincuk. Nasi Liwet bisa di dapatkan di Warung Nasi Liwet Wongso Lemu Keprabon yang buka mulai jam 18.00 WIB

2. Selat Solo

Selat solo ala Chilli Pari Catering milik Gibran Rakabuming. (Foto: Benedikta Desideria)

Selat Segar Solo adalah salah satu bentuk percampuran masakan berkuah dari barat dengan selera lidah lokal yang menciptakan makanan khas solo. Racikan selat solo merupakan adaptasi dari salad yang terdiri dari dagingyang diiris tipis, ditambah rebusan buncis, kentang, wortel, telur pindang, dan mayonaise. Racikan ini kemudian disiram dengan kuah kecap encer. Warung selat yang terkenal di Solo adalah Warung Selat Mbak Lies di Serengan yang buka pukul 09.00 WIB dan RM Kusuma Sari di Perempatan Nonongan yang buka mulai pukul 09.00 WIB.

Tak hanya Nasi Liwet dan Selat Solo, simak beragam kuliner kekinian kota Solo di Blog Keren yang ditulis @tasya di Forum Liputan6 dengan mengeklik tautan berikut ini.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya yang sedang populer: Apakah Berhubungan Seks Dengan Robot Adalah Zina? Yuk, berbagi di Forum Liputan6.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini