Sukses

4 Wisata Alam Sukoharjo Ini Wajib Dikunjungi Sekali Seumur Hidup

Keindahan tempat-tempat ini tak kalah dengan wisata alam di tempat lain

Liputan6.com, Jakarta - Sukoharjo adalah sebuah kabupaten yang terletak di Jawa Tengah. Lokasinya ada di sebelah selatan kota Surakarta. Luas wilayah Sukoharjo sekitar 466 km2 dan dihuni sekitar 824 ribu jiwa. Kota Sukoharjo terkenal dengan industri jamunya, kerajinan tangan, dan hasil pertanian.

Jika kamu ada rencana untuk berkunjung ke kota Sukoharjo, jangan lewatkan untuk mengunjungi beberapa tempat wisatanya. Bagi teman-teman traveller yang menyukai petualangan, wajib untuk mengunjungi wisata alam yang ada di Sukoharjo.

Berikut 4 objek wisata alam yang ada di kota ini yang pasti menarik untuk dikunjungi:

1. Gunung Sepikul

Gunung Sepikul sebenarnya sebuah batu bersusun setinggi bukit. Konon menurut cerita rakyat setempat, batu-batu yang membentuk Gunung Sepikul berasal dari batunya Bandung Bondowoso. Jika kamu ingat cerita pembangunan Candi Prambanan, saat itu Roro Jonggrang memerintahkan Bandung Bondowoso untuk membuat seribu candi dalam semalam.

Dan ternyata setelah dihitung jumlah candinya masih kurang satu. Akhirnya Bandung Bondowoso mengutuk Roro Jonggrang untuk menjadi candi terakhir sebagai pelengkap 1000 candi. Entah bagaimana, batu-batu yang digunakan dalam pembuatan 1000 candi tersebut terserak sampai ke tempat ini. Dan akhirnya membentuk gugusan Gunung Sepikul.

Jika kamu pernah nonton acara TV tahun 90-an, Gunung Sepikul ini juga pernah dipakai syuting serial Wiro Sableng 212. So, jika kamu lagi ada di wilayah Sukoharjo, jangan lupa mampir ke Gunung Sepikul ya.

2. Bendungan Colo

Ada juga yang menyebutnya Dam Colo. Merupakan obyek wisata yang bisa kamu nikmati bersama keluarga dan teman-teman. Untuk menikmati Bendungan Colo, kamu tidak dipungut biaya alias gratis.

Letaknya ada di kecamatan Nguter, Sukoharjo Selatan. Di tempat ini kamu bisa menyalurkan hobi mancing kamu. Atau swafoto di antara bebatuan yang memiliki susunan yang keren banget. Tapi tetap harus hati-hati dalam melangkahi bebatuan itu ya guys apalagi kalau bawa anak kecil. Takut batunya licin karena airnya cukup dalam.

Selengkapnya, baca langsung di sini

Penulis

Twitter: @DaffaRazani

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini