Sukses

Meriahnya Indonesia Menari 2016, Ajak Masyarakat Menari Bersama

Acara tahunan ini diikuti paling tidak 1.500 orang dan berlokasi di Grand Indonesia, Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta - Galeri Indonesia Kaya persembahan Bakti Budaya Djarum Foundation kembali mengajak masyarakat Indonesia untuk lebih dekat dengan tarian tradisional yang dikemas secara modern dalam Indonesia Menari 2016. Acara tahunan yang digelar untuk ke-5 kalinya ini dilakukan serentak di delapan titik indoor yang tersebar di Grand Indonesia, Jakarta, Minggu (20/11/2016).

Sebanyak 1.500 orang yang terdiri dari perorangan, berbagai komunitas anak muda, sanggar-sanggar tari, dan komunitas pecinta tari, sekolah, dan universitas di Jakarta akan menari bersama dan menunjukkan kemampuan mereka dalam memperebutkan total hadiah senilai Rp 150 juta. Tidak hanya penari, Indonesia Menari 2016 ini juga diikuti oleh masyarakat dari berbagai profesi, seperti perawat, engineer, fisioterapis hingga analis maskapai penerbangan.

Indonesia Menari 2016 dilangsungkan dengan bentuk tarian massal dengan koreografi yang menggabungkan beberapa gerakan tari tradisional nusantara dan tarian modern dengan durasi empat menit yang diiringi musik aransemen Pongky Prasetyo yang menggabungkan lagu daerah dari Sumatera Utara (Siksik Sibatumanikan), Kalimatan Selatan (Paris Berantai), Papua (Sajojo), Betawi (Jali-Jali), Bali (Janger) dan Sulawesi Utara (Poco-Poco).

Indonesia Menari 2016 (1) 

Tahun ini, koreografi Indonesia Menari 2016 dikonsep oleh Takako Leen, principal dancer Eksotika Karmawibhangga Indonesia (EKI) Dance Company. Ia membawakan genre tari yang terbilang modern namun tetap menyisipkan sentuhan budaya Indonesia ke dalam kreasi tari.

"Untuk koreografi tahun ini, saya terinspirasi untuk mengambil tarian daerah namun saya berikan sedikit tantangan di transisinya yang saya ambil dari modern dance seperti unsur jazz dan hip hop," ujar koreografer Takako Leen yang akrab disapa Tata ini.

Acara ini juga diramaikan dengan para pekerja seni yang memiliki latar belakang profesi yang berbeda-beda seperti seperti Tatjana Saphira, aktris; Mario Ginanjar, penyanyi; Asmara Abigail, aktris; Brando Salim, aktor; dan Ufa Sofura, penari. Para pekerja seni ini juga turut menari bersama dalam kemeriahan Indonesia Menari 2016.

Indonesia Menari 2016 (2) 

Berikut adalah daftar nama pemenang Indonesia Menari 2016 yang telah dinilai oleh para juri, antara lain Renitasari Adrian, Program Director Bakti Budaya Djarum Foundation; Takako Leen, Koreografer Indonesia Menari 2016; Dinia Widodo, Public Relations Manager Grand Indonesia; dan Yovie Widianto, juri tamu.

Untuk kategori kelompok dimenangkan oleh:
Juara 1 : Sanggar Andika
(mendapatkan Rp 25.000.000 dalam bentuk subsidi)

Juara 2 : Sanggar Novy
(mendapatkan Rp 20.000.000 dalam bentuk subsidi)

Juara 3 : Santika Gayatri
(mendapatkan Rp 15.000.000 dalam bentuk subsidi)

Kostum Terbaik : Sanggar Baim
(mendapatkan Rp 10.000.000 dalam bentuk subsidi)

Kelompok Favorit : Nusantari Indonesia
(mendapatkan Rp 10.000.000 dalam bentuk subsidi)

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini