Sukses

Ijen, Eksotisme Kawah Asam Terbesar di Dunia

Indonesia terkenal dengan kekayaan alamnya yang luar biasa dan memiliki destinasi wisata menarik, seperti Kawah Ijen.

Liputan6.com, Jakarta Indonesia memang terkenal dengan kekayaan alamnya yang luar biasa. Bagaimana tidak, terletak di garis khatulistiwa yang membuat Indonesia menjadi negara hutan hujan tropis sehingga kekayaan alamnya tak terkira dan menyuguhkan pemandangan yang luar biasa indah dan eksotis.

Biasanya orang hanya mengetahui pantai sebagai daya tarik utama pariwisata karena Indonesia merupakan negara kepulauan, namun siapa sangka, Indonesia memiliki destinasi wisata yang tak kalah menarik, yakni kawah gunung seperti Kawah Ijen.

Kawah Ijen merupakan salah satu pesona keindahan alam Indonesia yang luar biasa dan telah memukau banyak wisatawan dari berbagai negara. Di sinilah dapat Anda lihat danau kawah luas yang menakjubkan bersama api berwarna biru dari belerangnya saat malam hari. Selain menjadi tujuan wisata naik gunung, Kawah ijen juga merupakan tempat penambangan belerang tradisional yang hilir-mudik di arena bekas letusan kawah yang sebenarnya masih aktif.

Gunung Ijen sendiri berada di kawasan Wisata Kawah Ijen dan Cagar Alam Taman Wisata Ijen di Kecamatan Licin, Kabupaten Banyuwangi dan Kecamatan Klobang Kabupaten Bondowoso. Gunung ini berada 2.368 meter di atas permukaan laut dimana puncaknya merupakan rentetan gunung api di Jawa Timur seperti Bromo, Semeru dan Merapi. Kawah Ijen merupakan tempat penambangan belerang terbesar di Jawa Timur yang masih menggunakan cara tradisional. Ijen memiliki sumber sublimat belerang yang seakan tidak pernah habis dimanfaatkan untuk berbagai keperluan industri kimia dan penjernih gula.

Keindahan Gunung Ijen yang menjadi primadona wisatawan.

Kawah Ijen merupakan salah satu kawah paling asam terbesar di dunia dengan dinding kaldera setinggi 300-500 meter dan luas kawahnya mencapai 5.466 hektar. Kawah di tengah kaldera tersebut merupakan yang terluas di Pulau Jawa dengan ukuran 20 km. Ukuran kawahnya sendiri sekitar 960 meter x 600 meter. Kawah tersebut terletak di kedalaman lebih dari 300 meter di bawah dinding kaldera.

Simak kelanjutan artikel dengan mengeklik tautan berikut ini.

Penulis

Lydia Viera Arumdhita - Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya yang sedang populer: Ini Pesan Khusus Sutan Bhatoegana Ke Pengacara Sebelum Meninggal. Yuk, berbagi di Forum Liputan6.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.