Sukses

Kakek Kreatif, Ubah Kotoran Panda Jadi Kertas Jenis Baru

Kotoran panda yang terutama terdiri dari bambu itu sangat berpengaruh karena menjadi tinggi serat,

Liputan6.com, Jakarta Apa yang Anda pikirkan untuk melakukan sesuatu setelah anda pensiun, pergi berlibur, tidur-tidur di rumah menikmati masa tua? Kenapa Anda tidak mencoba sesuatu yang baru, yang unik, yang bisa membuat orang tertarik untuk menekuninya?

 

Liu Xiadong pria yang hidupnya didedikasikan untuk mengajar dan telah pensiun ini menginvestasikan hasil semua tabungan yang ia dapat untuk berinovasi. Pantang menyerah, kreatif dan keinginan untuk membuat suatu hal yang baru. Kakek Liu Xiadong berhasil menciptakan kertas jenis baru

Dilansir dari People daily reports, kertas yang ia ciptakan terbuat dari tanaman merambat buah kiwi, murbei kulit pohon dan bahan utamanya yaitu kotoran panda. Ia membutuhkan waktu 2 tahun dan 10 kali percobaan yang berbeda sebelum akhirnya menemui keberhasilan.

Kotoran panda jadi kertas

CCTV News melaporkan, ketika ditemui di kediaman nya, kakek Liu menjelaskan keberhasilan menciptakan jenis baru kertas tersebut. “Kotoran panda yang terutama terdiri dari bambu itu sangat berpengaruh karena menjadi tinggi serat, serat yang tinggi ini menjadikan kertas yang bertekstur benar-benar bagus dan warna, serta aroma yang mirip dengan bambu (bukan omong kosong)” ujar kakek Liu.

Saat ini, kakek Liu menjalankan sebuah lokakarya yang mana ia mengajarkan orang yang sangat penasaran dengan metode ramah lingkungannya dalam pembuatan kertas, hal tersebut ia lakukan untuk generasi selanjutnya ketika ia nanti pergi.

Penulis:

Toni Wijaya

Universitas Bung Karno

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini
**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.