Sukses

Buah Merah Khas Papua yang Jadi Buruan Negara-Negara di Dunia

Buah merah ini juga ternyata banyak diburu oleh negara lain loh, karena khasiatnya dalam menyembuhkan beberapa penyakit.

Liputan6.com, Jakarta Sudah tahukah dengan buah merah? Buah asli Papua ini sering disebut dengan kansu oleh masyarakat Wamena, Papua. Buah tradisional Papua ini memiliki nama ilmiah Pandanus conoideus, yang mana tanamannya masih tergolong dalam pandan-pandanan.

Buah merah dapat tumbuh hingga 16 meter dengan bentuk buah lonjong dan berwarna merah. Sekilas mirip jagung, tapi panjang buahnya bisa mencapai 55 cm dan warnanya merah marun ketika matang. Biasanya, masyarakat Papua menyajikan buah merah ketika ada pesta adat bakar batu, tapi banyak juga yang memanfaatkannya sebagai obat.

Seorang dosen bernama Drs. I Made Budi M.S sebagai ahli gizi di Universitas Cendrawasih (UNCEN), meneliti kandungan yang ada pada buah merah. Ternyata dalam satu buah merah mengandung Karoten (12.000 ppm), Betakaroten (700 ppm), Tokoferol (11.000 ppm), selain itu juga ada asam oleat, asam linoleat, asam linolenat, dekanoat, omega 3, dan omega 9.

Buah merah ini juga ternyata banyak diburu oleh negara lain loh, karena khasiatnya dalam menyembuhkan beberapa penyakit.


Inilah alasan buah merah menjadi incaran banyak orang termasuk orang dari negara lain:

Selengkapnya baca di sini.

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.


**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.