Sukses

Hormati Pak Raden, Google Doodle Karakter Si Unyil

Sosok Pak Raden menjadi figur doodle dan tampil di laman Google Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta Bertepatan dengan hari lahir Drs. Suyadi atau yang akrab disapa dengan Pak Raden (28/11/16), Google memberikan penghormatan kepada seniman multitalenta yang dikenal sebagai pencipta karakter Si Unyil.

Doodle tersebut menampilkan beberapa karakter Si Unyil, antara lain Unyil, Pak Ogah, Meilani dan juga karakter Suyadi yang menjadi Pak Raden ditempatkan di tengah para karakter Si Unyil pada laman Google.

Melansir dari laman Google, doodle yang ditampilkan hari ini dalam rangka merayakan hari jadi Suyadi yang ke-84. Suyadi dilahirkan pada tanggal 28 November 1932 di daerah Puger, Jember, Jawa Timur.

Suyadi merupakan kreator dari Si Unyil, sebuah film seri televisi di Indonesia. Beliau bermaksud untuk memberikan pengajaran akan teladan dan nilai-nilai luhur kepada anak-anak Indonesia pada tahun 1980-an.

Hingga akhirnya Si Unyil diformat ulang dalam bentuk program acara Laptop Si Unyil untuk menyesuaikan dengan anak-anak Indonesia pada era 2000-an, agar Si Unyil dapat menarik anak-anak untuk tetap menyaksikannya.

Drs. Suryadi atau Pak Raden.

Suyadi pun juga memerankan salah satu karakter yang ada di Si Unyil, yakni Pak Raden. Seorang tokoh legendaris yang identik dengan pakaian adat Jawa, tongkat dan juga kumis yang tebal. Sehingga tak heran kalau Suyadi lebih dikenal sebagai Pak Raden ketimbang nama aslinya.

Dalam rekam jejak perjalanan hidupnya, Suyadi pernah mengenyam pendidikan seni rupa di Institut Teknologi Bandung pada tahun 1952-1960 dan kemudian melanjutkannya dengan belajar animasi ke Prancis pada tahun 1961-1963.

Karena kreatifitas yang dimilikinya, Suyadi juga pernah didaulat menjadi ilustrator buku pelajaran Bahasa Indonesia tingkat Sekolah Dasar oleh Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Simak kelanjutan artikel dengan mengeklik tautan berikut ini.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya yang sedang populer: Mereka Menjala Paku dari Jalanan Jakarta. Yuk, berbagi di Forum Liputan6.

Penulis

Lydia Viera Arumdhita - Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.