Sukses

Sendratari Ramayana Prambanan Pukau Warga di London

Sendratari Ramayana Prambanan yang biasanya dipentaskan di kawasan Candi Prambanan ternyata mampu menarik perhatian warga London.

Liputan6.com, Jakarta Sendratari Ramayana Prambanan merupakan salah satu bentuk warisan kebudayaan Indonesia yang biasanya dipentaskan di kawasan Candi Prambanan, Sleman, Yogyakarta. Namun kali ini Sendratari Ramayana Prambanan ditampilkan di beberapa negara Eropa, termasuk Inggris dan berhasil menarik perhatian warga London.

Seperti dilansir dari laman Kedutaan Besar Republik Indonesia di London, setelah Selasa lalu berhasil memukau 400 penonton pada pagelaran di kantor pusat UNESCO di Paris, grup Sendratari Ramayana Prambanan yang didatangkan langsung dari situs Candi Prambanan rupanya mengundang decak kagum publik Inggris dengan menampilkan pertunjukan serupa di London pada Minggu malam (27/11/16) pukul 18.30-21.00 GMT di Canada Water Culture Space (21 Surrey Quays Road, London SE16 7AR).

Pada acara yang diselenggarakan oleh KBRI London tersebut, para penari di bawah binaan PT. Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko akan bergabung bersama beberapa pesilat Inggris dari komunitas Silek Harimau Minangkabau UK dalam pagelaran bertajuk An Evening in Wonderful Indonesia.

Pagelaran yang dirancang KBRI London untuk mempromosikan Indonesia di Inggris melalui pertunjukkan seni budaya tersebut juga bertepatan dengan perayaan 25 tahun penobatan Candi Borobudur dan Candi Prambanan sebagai Warisan Budaya Dunia UNESCO. Tiket masuk untuk menyaksikan acara yang bersifat gratis dan terbuka untuk umum ini, habis diserbu para pecinta Indonesia di London dalam waktu 2 (dua) hari.

Sendratari Ramayana (commons.wikimedia.org)

“Pagelaran seni budaya Indonesia ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran publik Inggris akan nilai luhur budaya bangsa peninggalan leluhur juga dalam rangka mendukung langkah Pemerintah RI, khususnya Kementerian Pariwisata, untuk mempromosikan destinasi-destinasi pariwisata baru dan unggulan di Indonesia,“ tutur Duta Besar RI London, Dr. Rizal Sukma.

Candi Borobudur merupakan salah satu bangunan spiritual Buddha terbesar di dunia sementara Candi Prambanan merupakan salah satu bangunan spiritual Hindu tertinggi di dunia, yang keduanya telah diakui secara internasional sebagai salah satu Warisan Budaya Dunia UNESCO sejak tahun 1991.

Simak kelanjutan artikel dan tayangan videonya dengan mengeklik tautan berikut ini.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya yang sedang populer: Menggemaskan, Anjing Ikut Mannequin Challenge dengan Sempurna Yuk, berbagi di Forum Liputan6.

Penulis

Lydia Viera Arumdhita - Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini