Sukses

Peluang Usaha Buat Mahasiswa yang Ingin Menambah Uang Jajan

Lalu, perkerjaan freelance apakah yang dapat dilakukan mahasiswa?

Liputan6.com, Jakarta Di samping tugas utama seorang mahasiswa sebagai pelajar, saat ini banyak para mahasiswa yang menjalani perkuliahan sambil mencari pekerjaan sampingan, namun kebanyakan mahasiswa tersebut mengambil kelas malam agar perkuliahan nya tidak terganggu. Bekerja lepas atau freelance bisa menjadi alernatif mahasiswa kelas regular untuk menambah penghasilannya. Lalu, perkerjaan freelance apakah yang dapat dilakukan mahasiswa?

1. Mencari uang lewat fotografi

Punya kamera canggih, tapi hanya buat selfie? Atau punya kemampuan memotret yang sangat baik, namun jarang kamu praktikkan? Mending asah kemampuan kamu untuk jadi seorang fotografer. Entah fotografer wedding, pre-wedding, ulang tahun dan lainnya, asalkan semua bisa mendapatkan hasil.

2. Desain kamu bagus ? Manfaatkan

Sering mengedit gambar, membuat banner, logo ? jangan disia-siakan! Beritahu tahu teman, sahabat, keluarga maupun orang lain. Bukan tidak mungkin suatu saat kamu diminta bantuan oleh salah satu dari mereka membuat banner dan logo untuk acara-acara dan perusahaannya. Bahkan kamu bisa membuat desain baju yang diinginkan setelah itu menjualnya melalui akun online shop.

3. Gunakan internet sebagai wadahmu

Hobi menggabungkan beberapa lagu menjadi satu lagu ? punya video-video yang unik ? Unggah karyamu ke media sosial seperti YouTube. Dari situ selain kamu bisa mendapatkan hasil yang lumayan, kamu juga bisa menjadi terkenal dimedia sosial atau serin di sebut YouTubers.

4. Menjadi driver transportasi

Dengan kecangihan di zaman modern seperti ini banyak bermunculan transportasi yang berbasis aplikasi online, mahasiswa yang mempunyai kendaraan pribadi dapat bergabung menjadi Driver online seperti Grab, Go-Jek maupun Uber. Karena sistim yang bisa diatifkan kapan saja, mahasiswa jadi tidak perlu takut untuk tertinggal dalam perkuliahannya dan tetap bisa fokus. Perkembangan teknologi yang sangat pesat pada era global ini mempermudah mahasiswa untuk beraktivitas tidak hanya belajar, mengerjakan tugas melainkan juga dapat memaanfaatkan waktu luangnya untuk mencari penghasilan tambahan.

(War)

 

Penulis:

Toni Wijaya

Universitas Bung Karno

 


 
 **Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.


**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini