Sukses

5 Hal Harus Dilakukan Sebelum Usia 30 Agar Tak Ada Penyesalan

Usia muda menjadi saat yang menyenangkan, hidup bebas tanpa beban. Namun, agar tak menyesal saat tua, 5 hal ini harus dilakukan segera.

Liputan6.com, Jakarta - Saat berusia 20-an, kehidupan seolah menyenangkan. Masih muda, bebas, dan belum punya banyak beban. Irama kehidupan berkutat dengan kerja dan berpesta menghabiskan waktu berbincang dengan rekan.

Meski masa ketika usia baru menginjak kepala dua terasa membahagiakan, ada beberapa hal penting yang harus dilakukan sebelum berusia 30 tahun agar tidak menyesal di kemudian hari.

Dilansir dari berbagai sumber, lima hal ini harus kamu lakukan agar tak menyesal di usia senja: 

1. Belajar menabung

Saat belum punya banyak uang, menyisihkan sedikit tiap bulan rasanya berat. Bagi sebagian dari kita, yang gajinya kecil namun pengeluaran besar, rasanya mustahil. Tapi bila Anda bisa menabung, meski sedikit, di masa depan itu akan sangat berguna.

Melalui forum diskusi Internet, seorang pria tua baru-baru ini mengungkapkan betapa ia menyesal tidak menabung saat masih berusia 20-an. Dia menjelaskan dirinya saat muda melihat uang sebagai 'kesempatan berpesta dan berakhir dengan membuang sebagian besar uang itu'.

"Saya berharap bisa kembali ke masa lalu dan melakukan hal itu," tulisnya.

2. Jaga kesehatan

Ilustrasi Menjaga Kesehatan Tubuh Dengan Cara Olahraga Teratur (iStockphoto)

Meski sekarang kita bisa menyantap makanan siap saji tanpa takut gemuk, bukan berarti organ dalam tubuh baik-baik saja. Saat metabolisme tubuh melambat, rasanya akan sangat sulit keluar dari kebiasaan tidak sehat itu.

Tentu saja, ada kaum milenial yang mengeluarkan uang untuk keanggotaan di pusat kebugaran, minum jus hijau ketimbang makan pizza, tapi banyak di antaranya yang memilih asupan tidak sehat yang perlahan merusak tubuh. Dan jangan lupa sikat gigi karena perawatan gigi itu mahal. Tinggalkan rokok dan minuman alkohol. Menjadi dewasa itu sulit. Simak hal penting lain yang harus kamu lakukan sebelum menginjak umur 30 tahun dengan mengeklik tautan berikut ini.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya yang sedang populer: Ahmad Fuadi dan Negeri 5 Menara di INSPIRATO Liputan6.com. Yuk, berbagi di Forum Liputan6.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini