Sukses

Wanita Tertua di Dunia Rayakan Ulang Tahun ke- 117

Merayakan ulang tahun ke-117, Emma Morano menjadi wanita tertua di dunia.

Liputan6.com, Verbania - Emma Morano boleh menyebut dirinya wanita paling bahagia sejagat. Pada bulan November ini, Emma Morano merayakan ulang tahun ke-117 dengan dikelilingi keluarga besarnya. Lahir pada 1800-an, Emma Morano tercatat sebagai orang tertua di dunia.

Dilansir dari Reuters, Emma Morano lahir pada November 1899, empat tahun sebelum Wright bersaudara pertama kali terbang. Dia hidup melewati tiga abad, dua Perang Dunia dan lebih dari 90 pemerintah Italia.

"Hidupku tidak terlalu menyenangkan," katanya pada Reuters  sembari duduk di bangku berlengan di dekat jendela, dengan syal putih menyelubungi pundaknya.

"Saya bekerja di pabrik hingga berusia 65 tahun, itu saja," lanjutnya.

Emma Morano, wanita tertua di dunia yang rayakan ulang tahun ke-117 duduk di sofa. Foto: REUTERS/Alessandro Garofalo

Dalam wawancara dengan surat kabar La Stampa lima tahun silam, dia mengatakan tunangannya tewas dalam Perang Dunia I kemudian dia dipaksa menikah dengan pria yang tidak dicintainya.

Pernikahannya tidak bahagia. Mereka memiliki seorang putra pada 1937, namun bayinya meninggal saat berusia enam bulan. Setahun kemudian Morano mengusir suaminya.

"Saya berpisah darinya pada 1938. Saya kira saya orang pertama di Italia yang melakukannya," ujarnya pelan. Simak resep panjang umur dari Emma Morano dengan mengeklik tautan berikut ini.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya yang sedang populer: 10 Kejadian Kebetulan di Dunia yang Super Aneh & Bikin Merinding. Yuk, berbagi di Forum Liputan6.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini