Sukses

Komunitas 69CARTEL, Kumpulan Seniman Mural dan Graffiti di Yogya

Komunitas 69CARTEL menjadi wadah seniman mural dan graffiti di Yogyakarta.

Liputan6.com, Jakarta Apakah Anda pernah mendengar istilah mural dan graffiti? Mural adalah cara menggambar atau melukis di atas media dinding, tembok atau permukaan luas yang bersifat permanen lainnya. Sementara graffiti lebih menekankan pada isi tulisan dan kebanyakan dibuat dengan cat semprot.

Kegiatan mural biasanya lebih bebas dan dapat menggunakan media cat tembok atau cat kayu bahkan cat atau pewarna apapun juga seperti kapur tulis atau alat lain yang dapat menghasilkan gambar. Sedangkan graffiti sangat memperhatikan komposisi warna, garis, bentuk, dan volume untuk melukiskan kata, simbol, atau kalimat tertentu.

Di Yogyakarta ada komunitas yang bergerak di bidang mural dan graffiti. Perkenalkan Sixty Nine Cartel (69CARTEL) wadah seniman mural yang berdomisili di Yogyakarta. Komunitas ini merupakan kumpulan dari beberapa seniman graffiti di Yogyakarta yang memiliki visi dan misi yang sama untuk mengembangkan scene graffiti di Yogyakarta pada khususnya.

Goresan seni komunitas 69CARTEL di sudut Yogyakarta. Foto: Instagram/69CARTEL

Beberapa perwujudannya adalah dengan mengadakan graffiti jamming, eksibisi dan acara-acara lain yang memperlihatkan graffiti dan mural di dalamnya. Kesatuan visi dan misi komunitas ini menciptakan tujuan utama yaitu membangun mini gallery yang setiap anggotanya dapat melakukan eksibisi. Yuk, simak bagaiman komunitas ini berkesenian dengan mengeklik tautan berikut ini.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya yang sedang populer: 10 Kejadian Kebetulan di Dunia yang Super Aneh & Bikin Merinding. Yuk, berbagi di Forum Liputan6.   

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini