Sukses

Ternyata Berbasa-basi Tentukan Kesuksesan Wawancara Kerja

Liputan6.com, Jakarta Proses wawancara kerja, menjadi tahapan penting untuk menentukan keberhasilan karier Anda kedepannya. Tak heran, banyak orang yang rela mempersiapkan wawancara kerja dengan matang.

Namun, banyak dari mereka yang belum tahu bahwa berbasa-basi dengan pewawancara saat wawancara kerja juga penting demi memuluskan jalan menuju karier yang didambakan.

Dilansir dari laman Wall Street Journal, berbasa-basi demi menjalin keakraban ternyata dapat menjadi penentu penilaian kandidat saat wawancara rekrutmen kerja.

Studi terbaru dari Georgia Institute of Technology in Atlanta mengonfirmasi pentingnya kesan pertama pada pewawancara. Kesimpulan itu didapat setelah para pewawancara diminta untuk menilai kompetensi pencari kerja setelah beberapa menit berbasa-basi dilanjutkan dengan 12 pertanyaan spesifik terkait pekerjaan. Mereka melakukan 163 simulasi wawancara.

Wawancara kerja.

"Kemampuan menjalin keakraban sepertinya punya pengaruh unik yang menentukan apakah dia akan mendapatkan pekerjaan atau tidak," kata pemimpin riset Dr. Brian W. Swider.

Kemampuan menciptakan koneksi dengan orang asing adalah kemampuan yang sebenarnya dan penting dalam berbagai profesi, mulai dari bartender hingga polisi, dan ada banyak hal yang bisa kita pelajari dari orang orang ini jika kita ingin sukses dalam wawancara kerja.

Lalu bagaimana menentukan momen yang tepat saat berbasa-basi saat wawancara kerja? Simak kelanjutan artikel dengan mengeklik tautan berikut ini.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya yang sedang populer: Kerja Kantoran, Dian Sastro Pernah Diremehkan. Yuk, berbagi di Forum Liputan6.