Sukses

Mengenal Reporter dan Pembaca Berita Berjilbab Pertama di Kanada

Dengan kemunculan Ginella di televisi lengkap bersama hijabnya menjadi dorongan motivasi untuk para muslimah di dunia terutama di Kanada

Liputan6.com, Jakarta Seperti yang diketahui, hijab adalah salah satu simbol dan kewajiban bagi seorang muslimah untuk mengenakannya. Namun, untuk masyarakat muslim yang berdomisili di wilayah barat hal tersebut dapat menjadi tantangan tersendiri khususnya para muslimah yang menggunakan hijab.

Hijab tersebut dapat menjadi tantangan karena adanya stigma negatif pada masarakat barat mengenai Islam sehingga menjadi penghambat para muslimah yang menggunakan hijab untuk bersosialisasi dengan masyarakat luas dan terlebih lagi mencari pekerjaan.

Meski begitu, Ginella Massa, perempuan kelahiran 1987 ini sempat menjadi sorotan dunia jurnalisme dengan menjadi reporter televisi pertama yang menggunakan jilbab di Kanada pada tahun 2015. Ia pertama kali muncul sebagai reporter di CTV News.

Dengan kemunculan Ginella di televisi lengkap bersama hijabnya menjadi dorongan motivasi untuk para muslimah di dunia terutama di Kanada untuk tidak takut mengenakan hijab. Selain itu, Ginella juga memberikan inspirasi bahwa seseorang yang menggunakan hijab tetap dapat meraih prestasi dengan hijabnya meski berada dalam suasana dimana sentimen tentang islamophobia sedang meninggi.

Perempuan yang kerap dipanggil Ginella ini kembali menggemparkan Kanada pada tahun 2016 lebih tepatnya bulan November lalu dengan menjadi pembaca berita pertama yang menggunakan hijab di Kanada. Berbeda dengan tahun 2015, kini ia muncul di salah satu acara berita Kanada yaitu City News pada pukul 11 malam waktu setempat.

Meski mendapat komentar negatif atas penampilannya di depan TV yang menggunakan hijab, akan tetapi tak sedikit pula yang memberikan pujian kepada Ginella. Setelah Ginella tampil, ia langsung memberikan tanggapannya melalui akun Twitter miliknya.

"Selesai. Malam ini tidak hanya penting bagi saya. Saya tidak berpikir seorang wanita yang berhijab akan menjadi pembaca berita di Kanada," cuitan Ginella di akun Twitternya.


Penulis:

Tasya Nadia Nasution

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

 

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.