Sukses

Wajib Dicoba, 9 Jajanan Kaki Lima Lezat di Asia Tenggara

Liputan6.com, Jakarta Jajanan kaki lima menjadi salah satu yang nikmat untuk dicoba saat melancong ke suatu tempat. Melalui survey yang dilakukan jaringan Hotel Indigo, wisatawan dari berbagai negara membuat  daftar jajanan kaki lima lezat di tiga negara dari Asia Tenggara, yakni Singapura, Indonesia (Bali) dan Thailand (Bangkok). Berikut 9 jajanan kaki lima yang menjadi favorit wisatawan saat berkunjung ke tiga negara di Asia Tenggara, sebagimana dilansir dari laman Antara :

Seminyak, Bali, Indonesia

Rumah bagi budaya pedesaan khas Bali yang disandingkan dengan sentuhan desain dan arsitektur yang modern, daerah Seminyak menawarkan pemandangan, suara, rasa, dan warna yang dapat membuat Anda menikmati wisata kuliner kaki lima khas di sini.

1. Babi Guling

Berlibur ke Bali tak akan lengkap bila tidak mencicipi sepiring Babi Guling. Bintang dari sajian tersohor ini adalah daging babi empuk yang didapat dari babi panggang utuh, dimasak secara sempurna, kemudian disajikan di atas nasi putih pulen yang wangi serta beragam pilihan makanan pedas pendamping dan acar.

Kunjungi Babi Guling khas Warung Made yang dapat Anda temukan sepanjang Jalan Raya Seminyak, cukup berjalan singkat dari Hotel Indigo Bali Seminyak.

2. Nasi Campur

Cobalah Nasi Campur yang ikonik, menghadirkan sajian Bali terbaik di dalam satu piring. Nasi putih pulen yang ditemani dengan seporsi bebek betutu (bebek panggang renyah yang dibungkus daun pisang), gado-gado dengan sambal matah di atasnya (saus sambal yang dibuat dengan bawang merah, daun jeruk, lemon grass dan terasi).

Gerai KZU merupakan salah satu dari jajanan pinggir jalan di daerah setempat yang menyajikan Nasi Campur khas Bali dengan harga murah.

3. Sate

Sate Lilit Ayam disajikan dengan tangkai sereh, dan daun kecombrang sehingga aroma rempah meresap pada dagingnya.

Ketika sate merupakan jajanan pinggir jalan favorit semua orang, di Bali Anda akan menemukan sate terlezat di Indonesia. Potongan daging babi yang telah dibumbui, daging sapi, atau ayam yang ditusuk dengan tusuk bambu dan dibakar di atas arang.

Cara terbaik untuk menikmati sajian ini adalah dengan saus kacang, perpaduan manis dari kacang yang menyatu dengan daging gurih yang terserap dari bumbu tradisional indonesia seperti bawang putih, daun jeruk nipis, kecap manis, dan rempah-rempah lainnya.

1 dari 2 halaman

Daerah Katong, Singapura

Mencari sesuatu yang pedas dalam perjalanan Anda saat berkunjung ke Singapura? Langsung saja datang ke daerah Katong. Daerah ini merupakan surga untuk berbagai jajanan kaki lima sajian Chinese dan Peranakan, beragam kuliner yang tersedia di Katong adalah perpaduan terbaik dari makanan Malay dan Chinese – dengan sentuhan rasa unik yang didapatkan berkat pengaruh dari Portugis dan India.

1. Ayam Buah Keluak or Beef Rendang

Untuk rasa Peranakan yang klasik, cobalah Ayam Buah Keluak, ayam rebus dengan kuah tamarin yang kental serta aroma dari kacang Pangium edule, atau Rendang, potongan daging yang diproses lama hingga menghasilkan daging empuk dalam saus kari yang kaya.

Baba Chews Bar and Eatery di Hotel Indigo Singapore Katong menyajikan makanan Peranakan tradisional dengan unsur modern yang mereka tambahkan, termasuk Ayam Buah Keluak Burger dan Rendang Iga Sapi.

2. Katong Laksa

Kari laksa Singapura. (Foto: Kokiku Tv)

Sajian favorit bagi para masyarakat Singapura, merupakan mi beras dalam kuah kari pedas dengan taburan seafood di atasnya. Daerah Katong memang memiliki beberapa rumah makan yang menjual sajian mi, tetapi hanya satu yang diklaim terbaik – 328 Katong Laksa, yang baru saja diberikan penghargaan sebagai Bib Gourmand dalam 2016 Singapore Michelin Guide.

Menempuh jarak kurang dari 5 menit dengan berjalan kaki dari Hotel Indigo Singapore Katong, Anda sudah dapat menikmati sajian yang akan membuat siapapun yang mencobanya langsung jatuh hati.

3. Nonya Kueh

Untuk memuaskan keinginan Anda dengan hal yang manis, silahkan cicipi snack Nonya di Kim Choo Kueh Chang, yang terletak di seberang Hotel Indigo Singapore Katong.

Toko ini menjual beragam makanan manis Nonya, atau "kueh", bayangkan saja semua didasari dengan rasa dan bahan-bahan khas Peranakan seperti tepung tapioka dan beras, kelapa, daun pandan, dan gula Melaka (gula merah).

Makanan manis ini paling nikmat dihidangkan dengan kopi lokal khas Singapura, tapi hati-hati, sangat sulit untuk hanya mencicipi satu jenis kue di sini.

Tak hanya Singapura dan Indonesia, Thailand pun memiliki berbagai jajanan kaki lima yang menjadi favorit wisatawan. Simak tiga jajanan kaki lima khas Thailand dengan mengeklik tautan berikut ini. 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya yang sedang populer:Cari Pencuci Piring, Ratu Inggris Siap Gaji Rp 294 Juta. Yuk, berbagi di Forum Liputan6.