Sukses

Agar Tak Bungkuk, Begini Cara Memakai Ponsel yang Benar

Liputan6.com, Jakarta - Postur tubuh yang buruk menjadi momok di zaman serba canggih seperti sekarang ini. Seseorang yang terus-menerus dalam posisi membungkuk dapat merusak tulang belakang mereka.

Penggunaan smartphone dan gadget yang lebih dari empat jam sehari oleh banyak orang di posisi yang tidak wajar dan bersifat merusak. Melansir dari Bright Side, berikut cara menggunakan ponsel yang benar tanpa merusak kesehatan.

Penelitian telah menunjukkan bahwa postur seseorang dapat memengaruhi pandangan emosional mereka. Individu yang menderita depresi klinis sering diasumsikan menderita postur tubuh buruk yang disebut iHunch.

Ciri-ciri iHunch itu sendiri yakni: leher menunduk, bahu cekung dan lengan tertarik ke tubuh. Dengan penanganan yang benar, postur tubuh yang tepat dapat meningkatkan produktivitas di tempat kerja dan ketahanan yang lebih tinggi terhadap stres.

Selain itu, lima hal sederhana berikut sebenarnya dapat membantu mengurangi risiko masalah punggung yang sering dikeluhkan banyak orang:

1. Secara berkala melakukan peregangan otot maupun leher.

2. Memijat bahu, otot-otot di sisi leher, dan daerah antara tulang belikat.

3. Berdiri di ambang pintu, rentangkan tangan, tekuk dada Anda. Ini akan membantu mengendurkan otot-otot yang berada dalam satu posisi untuk waktu yang lama, seperti saat menggunakan smartphone.

4. Jika Anda menggunakan ponsel lebih dari sepuluh menit, tekan dagu ke leher, bersamaan dengan meremas bahu. Ulangi latihan untuk beberapa kali sampai dengan repetisi sepuluh detik.

5. Setiap kali menggunakan ponsel, ingatlah postur tubuh yang benar dapat membantu Anda menghindari banyak masalah kesehatan di masa depan.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Artikel Selanjutnya
4 Perubahan Kecil Ini Dijamin Bikin Pede dan Enteng Jodoh
Artikel Selanjutnya
Ini 3 Dampak Negatif Terlalu Lama Pakai Smartphone