Sukses

Mencipta Mahasiswa Entrepreneur Berbasis Pesantren

Penggagas dalam kegiatan ini dilakukan Sulung Wira Ghani, M.T

Liputan6.com, Jakarta Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng Jombang mengadakan seminar Open Your Mind of Entrepreneurship bertajuk Membentuk Mahasiswa Entrepreneur Berbasis Pesantren, sekaligus launching IBITEK Inkubator Bisnis Fakultas Teknik. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Kamis (01/12) pukul 08.30-13.00 WIB di Lt. 3 Aula Kampus A.

Peserta yang hadir pada Seminar dan launching IBITEK tidak hanya sebatas kalangan mahasiswa-mahasiswi Fakultas Teknik tetapi dari berbagai mahasiswa fakultas lain dan masyarakat usaha mikro juga ikut gabung dalam acara ini, sehingga pertemuan temu seminar kali ini akan memperluas pengetahuan, berkolaborasi, dan networking pengusaha-pengusaha muda bagi bisnisnya.

Penggagas dalam kegiatan ini dilakukan Sulung Wira Ghani, M.T “Saya berharap kegiatan semacam ini sebagai wawasan dan inspirasi seputar dunia usaha untuk kalangan mahasiswa dan masyarakat yang bingung ingin mengawali berwirausaha. Dan Launching IBITEK Inkubator Bisnis Teknik sebagai gerakan awal berkumpulnya wirausahawan mahasiswa teknik dengan menggandeng mikro UKM di Jombang,” ungkapnya dosen Teknik Industri Unhasy berparas tampan disela kesibukannya melakukan penelitian ergonomi home industri di Kediri.

Seminar dipandu Muhammad Rizza, mahasiswa Teknik Mesin Unhasy. Tampil sebagai pembicara pertama di panggung inspirasi kewirausahaan ialah Ali Murtadlo. Dosen sekaligus pengusaha sukses di bidang Software House di Jombang, jaringan, dan online marketing. Ia memaparkan strategi-strategi berbisnis berbasis online maupun offline dan memanfaatkan peluang usaha untuk para mahasiswa dengan berbasis pesantren.

“Saya menasehati kepada orang terdekat dan peserta didik saya untuk berwirausaha. Awalnya boleh saja mereka bekerja ikut orang yang mempunyai modal, dengan maksud supaya banyak belajar. Kelak dikemudian hari mereka mampu mengambil pengalaman untuk berinovasi dalam berwirausaha,” tuturnya.

Pemateri kedua disampaikan Candra Sukma, bos beberapa usaha mikro di Jombang dan direktur Zie Production. Kali ini Candra Sukma lebih banyak berbicara pengalaman cara berwirausaha dan strategi memanfaatkan peluang bisnisnya. Diikuti para mahasiswa dan kelompok masyarakat yang sudah mempunyai usaha turut antusias berbagi pengalaman seputar usahanya.

Yulianto, salah satu kelompok karang taruna desa Kayangan mengaku mendapat banyak manfaat dari seminar Open Your Mind of Entrepreneurship. Ia berharap kegiatan ini bisa terus diadakan berkelanjutan dan IBITEK bisa menjadi wadah komunitas wirausaha besar yang mendukung kelompok-kelompok bisnis lainnya, khususnya di Jombang.

Penulis:

Agus Sulton (Dosen Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) FIP Unhasy Tebuireng Jombang)

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini
**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini