Sukses

Tiongkok Tebang 20 Juta Pohon Tiap Tahun Dijadikan Sumpit

Beberapa fakta mengenai Tiongkok ini mengerikan. Seperti penebangan pohon dan jumlah kucing yang dimakan oleh mereka.

Liputan6.com, Jakarta - Sebagai negara dengan jumlah penduduknya paling banyak, Tiongkok alias Cina memiliki banyak fakta menarik yang mungkin tidak Anda ketahui sebelumnya. Sayangnya, beberapa fakta tersebut terdengar mengerikan bagi beberapa orang. Apa saja?

1. 20 juta pohon ditebang tiap tahun untuk dijadikan sumpit

Berdasarkan penelitian tahun 2015, setidaknya 20 juta pohon ditebang tiap tahun untuk memenuhi kebutuhan sumpit sekali pakai penduduk Cina yang jumlahnya 80 miliar. Jika sumpit itu ditata, mereka dapat menutupi Lapangan Tiananmen, Beijing, yang merupakan salah satu tempat publik terbesar sebanyak 360 kali.

2. Setiap hari, 10.000 kucing dimakan di provinsi Guangdong

Jika pada festival Yulin anjing dibantai untuk dimakan, maka nasib buruk juga dialami oleh kucing. Di provinsi Guangdong, sebanyak 10.000 kucing dikonsumsi setiap harinya.

3. Semua panda di dunia ini adalah pinjaman dari Cina

Jika Anda menemukan Panda di kebun binatang atau tempat lain di dunia ini selain di Cina, maka sudah dipastikan panda itu merupakan pinjaman dari Cina. Peminjaman panda ke negara-negara lain telah dilakukan sejak Perang Dingin. Bayi panda tersebut dikirimkan menggunakan FedEx.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Lebih dari 35 juta orang di Cina masih tinggal di gua-gua

4. Lebih dari 35 juta orang di Cina masih tinggal di gua-gua

Di banyak tempat di Cina, terutama di pinggiran, orang-orang hidup di gua. Ini biasanya terkonsentrasi di provinsi Shaanxi. Gua ini disebut Yaodong dalam bahasa Cina. Meski tinggal di gua tampak primitif, beberapa gua itu justru dijadikan tempat yang mewah.

5. Wanita yang belum menikah di atas usia 20-an disebut Sheng nu atau perempuan sisa

Istilah ini kemudian digunakan di seluruh Asia dan Amerika Utara.

6. Menghirup udara Beijing efeknya sama seperti merokok 21 batang sehari

Saking tercemar dan beracunnya udara di Beijing, bernapas di Beijing efeknya pada kesehatan sama seperti merokok 21 batang sehari. Malahan, polusi udara ini terlihat dari ruang angkasa sementara Tembok Besar Cina tidak.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini